PT Korindo Disebut Pembakar Hutan Papua – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Kriminal

PT Korindo Disebut Pembakar Hutan Papua

Sukirman, Pegawai Kecamatan Tabalar, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur berusaha memadamkan api yang menjalar di hutan yang berada dekat dengan Kecamatan Tabalar, kemarin (18/10). Di duga percikan api berasal dari dalam hutan. PRaktek pembukaan lahan ladang dengan pembakaran hutan, masih kerap terjadi di Berau, Kalimantan. FOTO: Angger Bondan/Jawa Pos
ilustrasi
FAJAR.CO.ID- Musibah kebakaran hutan di Papua diduga kuat melibatkan perusahaan PT Korindo.
Demikian hasil penelusuran LSM bidang lingkungan, Mighty, dan Sekretariat Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Merauke dan Pusaka yang bergerak di bidang riset dan advokasi hak masyarakat adat.

Direktur Mighty Asia Tenggara, Bustar Maitar, mengatakan, dugaan tersebut berdasarkan beberapa alasan. Pertama, hasil pengamatan satelit. Kedua, pengamatan foto, video dan riset langsung ke lapangan yang dilakukan sejak 2013 lalu. Hasilnya, ditemukan upaya sistematis yang dilakukan perusahaan tersebut dalam membakar hutan di Papua.

“Upaya sistematis tersebut dilakukan dengan menyiapkan jalur api yang ketika kering dibakar sehingga lahan bisa terbuka,” kata Bustar dalam keterangan pers, Kamis (1/9).

Bustar mengatakan, titik api selalu muncul di lahan konsesi milik PT Korindo sejak tahun 2013. Untuk tahun 2013 titik api mencapai 43, pada 2014 mencapai 144, dan pada 2015 mencapai 164 titik. Pembakaran tersebut tentu berdampak kepada masyarakat.

Berdasarkan perhitungan lembaganya, kerugian ekonomi yang diakibatkan pembakaran tersebut mencapai US$ 16 miliar.

Bustar meminta kepada pemerintah untuk bersikap tegas terhadap Korindo dengan mencabut izin perusahaan.

“Ancaman pencabutan izin sudah disampaikan pemerintah beberapa waktu lalu kalau perusahaan terbukti melanggar. Ini tinggal bukti dari pemerintah,” kata Bustar.

Bustar membantah anggapan hanya mau memojokkan Korindo. Menurutnya, Korindo hanya salah satu dari sekian banyak perusahaan yang membuka lahan dengan membakar hutan yang akan diumumkan lembaganya. [ald/rmol]

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top