Arteria Dahlan Bingung Baca Dokumen Gugatan Ahok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Hukum

Arteria Dahlan Bingung Baca Dokumen Gugatan Ahok

99597915494-arteria-dahlan_pdiperjuangan-kabblitar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi II DPR Arteria Dahlan mengaku bingung saat membaca dokumen gugatan Basuki Tjahaja Purnama yang dilayangkan kepada Mahkamah Konstitusi (MK) untuk diuji.

Pasalnya, dia tidak menemukan adanya kerugian petahana ketika menjalani masa cuti kampanye.

“Saya sudah baca dokumen (gugatannya), tebal memang. Tapi saya bingung mencari aspek kerugiannya dimana ,” ujarnya dalam agenda mendengarkan keterangan presiden dan DPR di ruang sidang MK, Senin (5/9).

Selain itu, kata dia, dalam judisial review yang diajukan Ahok tersebut tidak disebutkan hak-hak petahana apa saja yang dilanggar, dengan diberlakukannya aturan yang digugat. “Kerugiannya tidak ada sama sekali,” tukasnya.

Lebih jauh, Politikus PDIP itu mengatakan, dengan tidak cutinya seorang petahana, akan berpotensi terjadinya kecurangan dalam Pilkada. Yakni, dengan memanfaatkan fasilitas negara untuk menggelar kampanye terselubung.

Selanjutnya, dikatakan Arteria, soal alasan Ahok tidak mengambil cuti kampanye untuk mengawal pembahasan APBD DKI tahun 2017, menurut dia hal itu kurang tepat.

Sebab, sambungnya, ketika seorang gubernur mengambil cuti kampanye, jabatannya akan dipegang sementara oleh wakil gubernur, atau pun sekretaris daerah. “Itu adalah aturan kelembagaan yang telah dilakukan negara ini dari tahun ke tahun,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ahok ingin menguji Undang-undang (UU) nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada soal kewajiban petahana menjalani cuti masa kampanye.

Mantan Bupati Belitung Timur itu memohon agar kewajiban tersebut dibuat opsional. Sehingga, calon kepala daerah petahana dapat memilih antara cuti atau pun tidak cuti. (uya/JPG)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top