DPR Minta MK Tolak Gugatan Ahok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Politik

DPR Minta MK Tolak Gugatan Ahok

Sufmi_Dasco_Ahmad

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta  Mahkamah Konstitusi (MK)  menolak  gugatan Basuki Tjahaja Purnama terkait dengan cuti kampanye.

Sebelumnya, gubernur sapaan Ahok itu ingin menguji Undang-undang (UU) nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada terkait kewajiban petahana menjalani masa kampanye. Mantan Bupati Belitung Timur itu memohon agar kewajiban tersebut dibuat opsional.

“(Ahok) Wajib menjalani cuti di luar tanggungan negara,” ujar Anggota Komisi III DPR Sufmi Dasco Ahmad ketika membacakan keterangan di ruang sidang MK, Senin (5/9).

Menurutnya,  Ahok  tidak memiliki legal standing atau pun posisi hukum dalam mengajukan gugatannya.

Selain itu, katanya,   Ahok  dinilai tidak konsisten dalam menguji materi UU Pilkada soal cuti kampanye. Pasalnya, pada Pilkada DKI 2012 lalu, mantan kader Gerindra itu bersuara keras  agar petahana waktu itu yakni, Fauzi Bowo mengambil cuti kampanye.

Tak hanya itu, DPR juga menganggap Ahok tidak menguraikan secara konkrit kerugian apa yang akan ia alami ketika menjalani masa cuti kampanye.

Karenanya, DPR berharap  MK mempertimbangkan secara adil keputusan apa yang akan diambil ihwal gugatan tersebut.

“DPR memohon agar permohonan penggugat tidak diterima dan menerima pernyataan DPR RI. Kami menyatakan UU nomor 10 tahun 2016 tetap memiliki kekuatan hukum yang mengikat,” pungkas Sufmi. (uya/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top