Presiden Minta Arab Saudi Tambah Kuota Haji Indonesia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Nasional

Presiden Minta Arab Saudi Tambah Kuota Haji Indonesia

Jemaah Haji

FAJAR.CO.ID, HANGZHOU – Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdul Aziz Al-Saud di Hangzhou, Tiongkok, Minggu (4/9). Dalam pertemuan itu, presiden meminta Saudi untuk memberikan kuota haji tak terpakai negara-negara lain untuk Indonesia.

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, masalah kuota sisa tersebut penting untuk dibicarakan terlebih dahulu dengan pemerintah Saudi. Dengan begitu, ke depannya akan lebih mudah untuk meyakinkan negara-negara dengan kelebihan kuota.

“Kita harus berbicara terlebih dahulu dengan pemerintah Kerajaan Arab Saudi,” ucap Retno yang bersama Mensesneg Pramono Anung mendampingi presiden dalam pertemuan tersebut.

Presiden Jokowi, tambah Retno lagi, juga menanyakan soal kemungkinan penambahan kuota haji Indonesia. “Apakah ada kuota tambahan untuk haji yang berasal dari Indonesia karena untuk beberapa provinsi di Indonesia pada saat yang bersangkutan akan beribah haji menunggu waktu lebih dari 20 tahun,” kata Retno.

Masih menurut Retno, Pangeran Mohammed menyambut baik apa yang disampaikan Presiden Jokowi. Putra Raja Saudi Salman bin Abdulazis Al Saud itu mengatakan bahwa usulan presiden akan dibahas lebih lanjut oleh menteri luar negeri kedua negara.

“Sehingga akan memudahkan sekali koordinasi dalam rangka bilateral di bidang ekonomi. Dan Presiden setuju,” tutup Retno. (rmol/dil/jpnn)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top