BG Diminta Serius Tangani Proxy War Jika Jadi Kepala BIN – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

BG Diminta Serius Tangani Proxy War Jika Jadi Kepala BIN

Komjen Budi Gunawan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Persaingan dan interaksi global versus kepentingan nasional menjadi salah satu tantangan Komjen Pol Budi Gunawan jika menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) nantinya. Pasalnya, hal yang kerap kali disebut perang proksi atau proxy war itu dapat melemahkan bangsa.

Memang, narkoba adalah musuh utama bangsa, namun perang proksi juga perlu mendapatkan perhatian serius. “Ini menjadi misi BIN dimana proxy war harus kita lihat bersama,” ujar Anggota Komisi I DPR Arif Suditomo di Jakarta, Senin (5/9).

Politikus Hanura itu mencontohkan, salah bentuk perang proksi yakni banyaknya budaya dan produk asing yang dikonsumsi masyarakat Indonesia ketimbang produk dan budaya lokal.

“Kita enggak menyadari putra-putri kita lebih suka produk, budaya asing. Terlalu banyak budaya impor masuk berarti sebagian ekonomi kita tertembus, ini bagian dari proxy war,” tuturnya.

Karenanya, hal ini akan menjadi catatan penting dari Fraksi Hanura dalam fit and proper test BG nanti. “Narkoba penting, tapi jangan lupa ada perang yang tidak menggunakan fisik tapi hal lain yang merupakan bagian dari peperangan global,” pungkas Arif. (dna/JPG)

loading...
Click to comment
To Top