Fit and Proper Test Budi Gunawan Digelar Tertutup – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Nasional

Fit and Proper Test Budi Gunawan Digelar Tertutup

Budi-Gunawan-@-Wahyu-Wening-01.jpg&t=43aeac5d5def59f24616a107faf85bf2

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Setelah menerima surat dari Presiden Joko Widodo tentang permohonan pemberhentian dan pengangkatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), DPR langsung mengagendakan fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakkan Budi Gunawan, Rabu (7/9).

Rencananya fit and proper test itu akan berlangsung secara tertutup.

Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin membenarkan pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan Budi Gunawan dilakukan secara tertutup.

“Agar bebas dalam tanya jawab, akan tertutup,” tegas pria yang akrab diaapa Kang TB itu di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/9).

Dia melanjutkan, agenda pada uji kepatutan dan kelayakan itu lebih banyak memberikan pertimbangan.

Sebagaimana diketahui Presiden Jokowi baru saja mengirimkan surat dengan Nomor R58/Pres09/2016 tanggal 1 September perihal permohonan pemberhentian dan pengangkatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Surat itu pun telah dibacakan dalam paripurna DPR. Selanjutnya, akan diikuti dengan melaksanakan fit and proper test.

Disebutkan TB Hasanuddiin, pertanyaan apa saja yang akan dilontarkan oleh anggota DPR, semua itu tergantung dari keinginan wakil rakyat sendiri.

Akan tetapi tetap fokus pada kinerja BG nantinya sebagai kepala BIN. Terutama mengenai pemberantasan teroris, masalah-masalah proteksi, perlindungan warga negara seperti kasus penculikan.

“Itu menjadi tanggung jawabnya sebagai kepala BIN memberikan informasi yang valid, aktual, dan terpercaya dalam memberikan masukan untuk keputusan presiden,” pungkas Kang TB. (dna/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top