Ini Kata Jenderal Tito Soal Calon Wakapolri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Ini Kata Jenderal Tito Soal Calon Wakapolri

Kapolri Jenderal Tito Karnavian

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakapolri Komjen Budi Gunawan merupakan calon tunggal Kepala Badan Intelijen Negara (KaBIN) yang diajukan Presiden Joko Widodo.

Untuk menduduki posisi itu, BG, sapaan Budi, tinggal melewati proses fit and proper test di DPR.

Nah, posisi yang akan ditinggalkan Komjen BG, kini menjadi sorotan. Siapa yang akan mendampingi Kapolri Jenderal Tito Karnavian?

Tito mengatakan, semua jenderal bintang tiga berpeluang besar menggantikan Komjen BG. “Yang pasti bintang tiga. Karena kalau bintang tiga pasti matang. Penentuannya nanti kalau sudah positif diterima DPR (Komjen BG) dan dilantik presiden baru kami putuskan,” kata Tito di Auditorium Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Selasa (6/9).

BACA:  Akom Sebut BG Punya Komunikasi Bagus dengan Semua Fraksi di DPR

Dia menerangkan, siapa pun jenderal yang memiliki tiga bintang di pundaknya, berkompeten menjadi Wakapolri. “Semua bintang tiga saya pertimbangkan. Mereka sudah pintar-pintar,” jelas Tito.

Di sisi lain, kata dia, penunjukkan Wakapolri merupakan hak prerogatif dirinya. Penunjukkan bahkan tidak harus melewati Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri.

“Penunjukkan Wakapolri tidak perlu Wanjakti. Itu hak prerogatif kebijakan dari Kapolri. Kalau wanjakti semua yang bintang tiga kan mau. Otomatis itu adalah keputusan Kapolri,” pungkasnya. (mg4/jpnn)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top