Jelang Idul Adha, Begini Skenario Hindari Macet di Brexit – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Daerah

Jelang Idul Adha, Begini Skenario Hindari Macet di Brexit

images

FAJAR.CO.ID, BREBES – Satuan Lalu Lintas Polres Brebes telah menyiapkan skenario untuk mengantisipasi kemacetan di pintu keluar tol Brebes Timur atau Brexit pada libur Iduladha nanti. Kasat Lantas Polres Brebes AKP Arfan Zulkan Sipayung mengungkapkan, pihaknya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas jika terjadi kemacetan di Brexit.

Ia menjelaskan, jika Brexit macet parah maka seluruh kendaraan dari arah Jakarta akan diarahkan melalui Tol Pejagan-Brebes. Satlantas Brebes perlu memecah volume kendaraan yang dari arah Jakarta, termasuk menghindari penumpukan di dekat Alun-Alun Brebes.

“Saat ini sedang dilakukan perbaikan jalan di ruas jalur pantura di dekat Alun-Alun Brebes. Sehingga tidak terjadi penumpukan di sana,” katanya seperti diberitakan Radar Tegal (Jawa Pos Group).

Ia menambahkan, jika ekor kemacetan Brexit dan Pejagan sudah mengular maka kendaraan dari arah Jakarta akan diminta keluar dari tol di Palimanan. “Jika panjang kemacetan di Tol Brebes Timur sudah mencapai 10 kilometer, pengalihan arus dilakukan sejak dari Tol Palimanan,” jelas Arfan.

Ia memprediksi volume kendaraan saat libur Iduladha akan mengalami peningkatan hingga mencapai 10-15 persen. Di luar liburan, katanya, jumlah kendaraan pribadi yang melintas biasanya mencapai sekitar 25.000 unit per hari. Sedangkan truk dan bus mencapai 16.000 unit per hari.

Selain rekayasa lalu lintas, Satlantas Polres Brebes juga akan menambah personel untuk mengamankan dan mengatur sejumlah titik rawan kemacetan. Pengerahan kekuatan mencapai 2/3 kekuatan personel.

“Nantinya, ada sepuluh pos pengamanan juga akan didirikan, di antaranya di exit Tol Brebes Timur, Pejagan, sepanjang jalur pantura serta selatan,” tandasnya.

Arfan memerkirakan kenaikan volume kendaraan akan terjadi sejak Jumat (9/9) sore, dan puncaknya sampai, Sabtu (10/9). Personel yang dilibatkan dalam pengamanan tidak hanya petugas bawah kendali operasi (BKO) dari Ditlantas dan Brimob Polda Jawa Tengah, tetapi juga dari polsek-polsek.(muj/zul/jpg/ara/jpnn)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top