Jokowi Barter Kasus Jemaah Haji dengan Mary Jane? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Jokowi Barter Kasus Jemaah Haji dengan Mary Jane?

Jokowi dan Duterte

FAJAR.CO.ID – Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyetujui untuk tidak memidanakan 700-an jamaah haji asal Indonesia yang menggunakan paspor Filipina. Keputusan itu diambil setelah Presiden Joko Widodo menemui Duterte di sela-sela pertemuan negara-negara G20 di Hangzhou, Tiongkok.

“Seharusnya itu tindak pidana juga di Filipina karena pemalsuan identitas, tapi karena hubungan baik kita, kita kerja sama,” ujar Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/9).

Namun nyatanya persetujuan itu tidak gratis. Kata Yasonna, pemerintah turut mempertimbangkan terkait status hukum terpidana mati kasus narkoba asal Filipina Marry Jane.

Politikus PDIP itu menerangkan, bantuan untuk Mary Jane sudah dilakukan sejak perkaranya disidangkan mencuat. Sebagai contoh ketika Departemen Kehakiman Kementerian Luar Negeri Filipina dipersilahkan untuk menemui Jaksa Agung. Begitupula ketika duta besar Filipina meminta agar bisa bertemu Mary Jane.

“Jadi kalau memang terbukti dia adalah korban human trafficking, hukum Filipina nanti, ya tentu kita pertimbangkan, pastilah presiden memberi pertimbangan,” sebut Yasonna.

Kendati demikian, menurut Yasonna, persetujuan 700-an jamaah haji asal Indonesia tanpa ditahan otoritas Filipina dengan kasus hukum Mary Jane, bukan merupakan pertukaran.

“Bukan barter lah, dulu kan sebelum ada case ini mereka sudah minta itu,” pungkas dia. (dna/JPG)

loading...
Click to comment
To Top