Menteri Susi Ngomong Blak-blakan: Indonesia tak Perlu Investor Asing – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Nasional

Menteri Susi Ngomong Blak-blakan: Indonesia tak Perlu Investor Asing

menteri Susi

FAJAR.CO.ID, DEPOK – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tampil sebagai pembicara pada hari kedua Sekolah Calon Kepala Daerah PDIP di Depok, Jawa Barat, Rabu (7/9). Kehadiran Susi itu untuk memotivasi calon kepala daerah asal PDIP agar berani melakukan terobosan bagi rakyat.

Susi tampil sebagai pemberi materi dengan topik  Indonesia Poros Maritim. Menurut dia, Presiden Joko Widodo telah menerbitkan keputusan presiden dan peraturan presiden untuk percepatan pembangunan industri perikanan yang berbasis pada rakyat dan demi kepentingan nasional.

“Inilah yang kita sebut berdaulat dan berdikari di lautan. Kita tangani sendiri, tidak perlu investor asing,” kata Susi yang langsung disambut aplaus para peserta Sekolah Calon Kepala Daerah PDIP yang sebagian besar dari wilayah kepulauan.

Dalam rangka itu pula Susi mengingatkan para kepala daerah berpikir progresif dan revolusioner demi memajukan dan mensejahterakan daerah masing-masing. Para kepala daerah harus berani melakukan terobosan.

Pengusaha perikanan asal Pangandaran, Jawa Barat itu lantas mencontohkan gebrakannya selama dua tahun memimpin KKP. Meski banyak suara-suara miring, namun Susi tetap berjalan dengan kebijakannya menyikat pencurian ikan atau ilegal fishing.

Susi menegaskan, sikap tegasnya membuat kapal-kapal asing pencuri ikan ciut nyali. Penghasilan para nelayan pun meningkat dan kesejahteraan mereka juga membaik.

“Saya menghentikan illegal fishing sehingga Indonesia menjadi penghasil ikan nomor satu di Asean dan bisa menyetor pendapatan negara lebih banyak dari sebelumnya sementara sektor-sektor lain justru menurun setorannya,” tegasnya.

Kepala Sekolah PDIP, Komarudin Watubun mengatakan, program pemerintah mensejahterakan masyarakan melalui bidang kelautan dan perikanan memang harus mendapat dukungan daerah. “Kekayaan laut kita adalah modal besar untuk wujudkan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Sedangkan Sekretaris Sekolah Partai PDIP, Eva Kusuma Sundari menambahkan, Menteri Susi telah menerapkan gagasan Bung Karno tentang Trisaksi untuk menggarap sektor kelautan dan perikanan. Menurut Eva, kebijakan-kebijakan Susi itu juga untuk meyakinkan para calon kepala daerah bahwa konsep Trisakti bisa diterapkan di sektor apa pun.

“Peserta menjadi yakin bahwa ideologi Pancasila dan strategi Trisakti pun mampu untuk mensejahterakan rakyat daerah sekaligus untuk  skala nasional,” katanya.(ara/jpnn)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top