Waspadai Ngupil, Ini Bahayanya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Kesehatan

Waspadai Ngupil, Ini Bahayanya

ngupil

FAJAR.CO.ID-“Ngupil” (dalam bahasa Inggris : boogies, bogeys) adalah kegiatan manusia membersihkan kotoran atau benda asing yang ada dalam hidung.

Membram mukosa di rongga hidung akan dihasilkan dan diproduksi terus menerus setiap hari, yang akan mengering karena kelembanan udara, dan membentuk padatan yang kita sebut upil.

Selain itu, lendir yang mengering dan mengeras ini biasanya akan menyebabkan sensasi iritasi yang memunculkan rasa gatal. Sensasi itulah yang memicu orang untuk mengupil. Kebiasaan mengupil sering disebut sebagai rhinotillexomania.

Hidung biasanya memiliki kepekaan sendiri terhadap rangsangan dari luar. Hidung mudah teriritasi oleh bahan-bahan yang memicu seperti bahan kimia, bau-bauan, polusi udara, atau zat yang memicu alergi lainnya. Saat hidung teriritasi maka akan timbul rasa gatal, bersin, bahkan mengarah ke gejala flu. Meski ditemukan ada manfaat yang bisa kita ambil saat seseorang mengupil, ada juga dampak yang membahayakan bagi tubuh.

1. Mudah Terkena Flu

Virus flu merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menular melalui udara dan banyak cara lainnya. Salah satunya bisa ditularkan oleh diri sendiri melalui tangan yang kotor. Bila terinfeksi flu, biasanya akan berlanjut sampai ke gatal-gatal hidung, radang tengorokan, bersin-bersin dan akhirnya terserang flu-pilek. Tangan yang tidak bersih (tidak higienis) bisa menjadi medium infeksi pada rongga hidung.

2. Rambut Hidung Rontok

Rambut silia berfungsi menyaring debu, bakteri dan virus patogen, serta benda-benda asing yang masuk ke rongga hidung. Tanpa silia semua jenis penyakit patogen yang menyebar melalui udara dapat masuk dengan leluasa ke tubuh. Masuknya jari saat “ngupil” ke rongga hidung berisiko bisa merontokkan silia tersebut. Silia akan menipis dan berangsur menghilang sama sekali. Tanpa silia (sebagai filter alami) maka virus dan bakteri akan mudah masuk ke dalam tubuh.

3. Lapisan Rongga Hidung Terluka (mimisan)

Jari dengan kuku tajam, memang mempermudah untuk mencongkel sekreta kering yang menempel. Namun rongga hidung rawan terluka akibat terkena kuku panjang. Di rongga hidung terdapat pembuluh darah, bila mengenai pembuluh darah maka akan terjadi mimisan. Darah akan keluar dari luka yang terjadi.

4. Bahaya Meningitis

Hati-hati saat mengupil. Karena bila terlalu dalam mengorek dan menyentuh sinus bagian dalam yang berdekatan dengan otak. Ada tulang yang disebut tulang ethmoid yang memisahkan antara hidung dengan otak. Jika saat mengupil terlalu dalam dan tidak sengaja menusuk tulang ini. Akan berakibat fatal bagi tubuh. Cairan di otak akan bocor dan bisa menyebabkan meningitis, yaitu radang selaput pelindung system syaraf pusat.[ats]

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top