10 Warga Terdeteksi Kusta, Dinkes Turun Tangan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kesehatan

10 Warga Terdeteksi Kusta, Dinkes Turun Tangan

ilustrasi-kusta

FAJAR.CO.ID, TIRTAYASA – Dinas Kesehatan Kabupaten Serang bersama petugas Puksesmas Tirtayasa melakukan pemeriksaan terhadap warga di Kecamatan Tirtayasa terkait temuan penyakit kusta di wilayah tersebut.

Pemeriksaan terhadap warga di Desa Alang-alang dilakukan menyusul temuan adanya 10 kasus kusta di wilayah itu.

“Dari hasil screening ada temuan  terduga penyakit kusta sebanyak empat orang. Itu hasil dari sampel 100 orang warga yang dilakukan pemeriksaan,” kata Aslahudin, Kasubag Tata Usaha Puskesmas Tirtayasa sebagaimana dikutip Banten Raya (Fajar Group), Kamis (8/9).

Menurut Aslahudin, warga yang divonis terduga penyakit kusta tidak harus takut  tidak dapat disembuhkan. “Sebetulnya kusta bisa disembuhkan asalkan mau berobat secara rutin dan teratur selama satu tahun. Insya Allah bisa sembuh,”  katanya.

BACA:  Alat Kecil ini Mampu Deteksi Kandungan Lemak Hingga Karbohidrat Dalam Makanan

Dia mengatakan, kusta merupakan penyakit infeksi menular kronis yang disebabkan bakteri mycobacterium leprae. Jika tidak segera ditangani, kusta bisa menyebabkan kerusakan pada kulit.

“Penyebab penyakit kusta oleh kuman yang ke-makan, dan jika terinfeksi diawali tanda adanya bercak tipis seperti panu pada kulit tubuh dari sedikit semakin melebar, adanya bintil kemerahan, alis rambut rontok dan muka benjol-benjol,” katanya.

Pengobatan harus dilakukan secara rutin dengan melakukan pemeriksaan ke dokter setiap satu bulan sekali, baik ke puskesmas maupun rumah sakit.

Camat Tirtayasa Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Mas Elan Apandi mendukung kegiatan tersebut.  “Perlu diantisipasi semenjak dini dengan melakukan penyembuhan terhadap warga yang didiagnosa positif terkena penyakit agar jangan sampai menular kepada warga lain,” katanya. (purnama/nas/JPG)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top