Komisi III DPR Desak Kejagung Kembalikan Berkas Kasus Rekaman Ilegal Novanto – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Hukum

Komisi III DPR Desak Kejagung Kembalikan Berkas Kasus Rekaman Ilegal Novanto

Kejaksaan Agung

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Mantan anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI, Risa Mariska mendesak Kejaksaan Agung untuk mengembalikan berkas perkara kasus “Papa Minta Saham” yang membelit Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto.

“Harusnya enggak (diteruskan). Kalau tidak ada bukti harus dikembalikan lagi berkasnya,” tegas Risa kepada wartawan, Kamis (8/9).

Hal itu ia kemukakan menyusul putusan Mahkamah Konstitusi yang mengabulkan sebagian permohonan uji materi yang diajukan oleh Setya Novanto terkait UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan UU 20/2001 tentang Perubahan Atas UU 31/1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor).

Diketahui kasus “Papa Minta Saham” terungkap setelah rekaman suara yang direkam oleh Ma’ruf Syamsuddin yang ketika itu menjadi Dirut PT Freeport dilaporkan oleh Sudirman Said ke MKD yang kala itu juga menjadi Menteri ESDM.

BACA:  Komisi III DPR: Penyadapan 'Papa Minta Saham' Ilegal, Setnov Bebas Proses Hukum

Risa Mariska yang juga anggota Komisi III ini menegaskan bahwa penyadapan hanya boleh dilakukan oleh aparat hukum. Itupun hanya boleh dilakukan setelah mereka mendapat ijin pengadilan.

“Di KUHP diatur bahwa penyadapan itu harus ada ijin dari Pengadilan,” bebernya.

Anak buah Megawati Soekarnoputri ini menilai apa yang dilakukan Ma’ruf ilegal. Karenanya Kejagung tak boleh memakai bukti yang disodorkan Ma’ruf.

“Kalau ini ilegal itu tidak bisa dijadikan bukti. Jadi harusnya stop disitu. Pakai bukti lain. Buktinya lainnya apa ada bukti yang mendukung apa ada saksi,” tandasnya.

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top