Korban Haji Paspor Filipina Minta Uangnya Dikembalikan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Makassar

Korban Haji Paspor Filipina Minta Uangnya Dikembalikan

011306_197130_haji_HL_dari_m.jpnn_.com_

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Sebanyak 18 calon jamaah haji asal Barru, Sulawesi Selatan yang gagal berangkat haji setelah terganjal di Filipina menuntut pertanggungjawaban HM, oknum travel yang mempasilitasi keberangkatan calon jamaah haji ilegal ini.

Mereka butuh kejelasan terkait uang haji yang sudah merekan setorkan sedikitnya Rp 150 juta melalu HM ini. Demikian tuntutan calon jamaah haji ini saat pertemuan dengan HM di kediamannya di jalan Johan Dg Mangung, kota Barru.

HM sendiri mengaku akan bertanggung jawab dengan masalah ini. Namun pihaknya belum bisa menjelaskan secara ril seperti apa solusi yang ditawarkan.

“Kami masih harus menjalani pemeriksaan di Mapolres Barru, ini masih terkait dengan kegagalan haji via Filipina ini,” ujarnya sebagaimana dilansir dari Fajar (Fajar.co.id Group) Selasa (6/9).

Ayu, salah seorang calon jamaah haji menuntut pertanggung jawaban HM. Bagi mereka tidak ada pihak yang mereka kenal terkait dengan masalah ini kecuali oknum HM ini. “Kami datang ke pertemuan ini untuk mendapatkan kejelasan terkait solusi dari HM ini,”jelasnya.

Hampir seluruh calon jamaah ini, katanya, sama sekali tidak mengerti kalau mereka disebut ilegal. Pasalnya pemberangkatan lewat Filipina selama dua tahun terakhir itu tidak ada masalah. Karena itu akibat kegagalan ini ke 18 calon jamaah yang dideportasi dari Filipina ini butuh kejelasan.

Husni, Kasi haji Kementrian Agama Kabupaten Barru menyatakan, selama ini dirinya tidak tahu kalau ada calon jamaah haji lewat Filipina. Hanya ada dua yang resmi, haji reguler dan haji plus. Karena itu, masalah ini merupakan masalah orang per orang dengan pihak yang mempasilitasi keberangkan mereka via Filipina. (rus/sad/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top