Rekaman ‘Papa Minta Saham’ Ilegal, Fahri: Alhamdulillah MK Benarkan Saya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Rekaman ‘Papa Minta Saham’ Ilegal, Fahri: Alhamdulillah MK Benarkan Saya

fahri-hamzah-menolak-dipecat-pks-timyadi-3-700x400

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah mengaku senang mendengar putusan Mahkamah Konstistusi (MK) mengabulkan permohonan uji materi yang diajukan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto.

Novanto sebelumnya mengajukan uji materi UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan UU 20/2001 tentang Perubahan Atas UU 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor).

Dalam putusannya, MK menyatakan bahwa informasi elektronik sebagaimana diatur UU ITE dan UU Tipikor tidak mempunyai kekuatan hukum yang mengikat selama frasa informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik dan/atau hasil cetaknya sebagaimana diartikan sebagai alat bukti yang sah sesuai dengan hukum acara yang berlaku di Indonesia.

“Sekarang alhamdulillah MK telah membenarkan apa yang menjadi sikap (saya) selama ini bahwa Informasi yang didapatkan dengan illegal activity adalah ilegal. Dan ini dibuktikan oleh MK, jadi clear itu,” tegas Fahri di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (8/9).

Sementara menanggapi pelaku perekam ilegal, Fahri menyebut statusnya bagaikan seorang maling. Pasalnya, si pelaku mengambil rekaman secara ilegal, padahal dia bukan seorang intelijen.

“Ini kita belum tau karena kalau orang melakukan tindakan ilegal pasti ada akibat hukumnya. Nggak mungkin aman-aman aja. Saya kira mesti ada urusannya itu orang yang kumpulkan info ilegal kaya begini. Dia bukan intelijen bukan penegak hukum itu harusnya ya sepeti orang mencuri,” ketusnya.

Perekam suara Setya Novanto dalam kasus papa minta saham adalah mantan Dirut Freeport, Ma’ruf Syamsuddin.

loading...
Click to comment
To Top