Sapi Kurban Pak Jokowi Beratnya 1,1 Ton, Harganya… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Sapi Kurban Pak Jokowi Beratnya 1,1 Ton, Harganya…

CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 90

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Presiden Joko Widodo akan menyumbangkan seekor sapi untuk dikurbankan pada Idul Adha. Sapi orang nomor satu di Indonesia tersebut memiliki berat 1,1 ton dengan kisaran harga sebesar Rp 70 juta.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, dana yang dipakai untuk pembelian sapi ini langsung dari pemerintah pusat. Tidak ada dana milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang tercampur di dalamnya.

“Kurban sapi Pak Presiden (Joko Widodo) merupakan dana dari pemerintah pusat. Kami tidak mengeluarkan apa-apa. Hanya tinggal menerima sapi saja,” ujar Pakde Karwo,  panggilan akrab Soekarwo, Rabu (7/9).

Sapi kurban berjenis peranakan ongole (PO) sumbangan dari Presiden Jokowi, dibeli dari peternak sapi asal Bojonegoro, bernama Kusnan.

Sedangkan sapi kurban Gubernur Soekarwo memiliki beratnya sebesar 950 kg berjenis Simental. Harganya berkisar Rp 65 juta.

Tidak mau ketinggalan, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) juga turut menyumbangkan sapi kurban seberat 850 kg.

Sapi kurban wagub yang biasa disapa Gus Ipul ini berjenis Limousin dengan harga sekitar Rp 60 juta.

Untuk sapi kurban milik Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Akhmad Sukardi beratnya mencapai 800 kg.

Sapi kurban ini berjenis Limousin dengan harga sekitar Rp 55 juta. Kesemuanya dibeli dari peternak sapi asal Bojonegoro Kusnan.

“Kualitas sapi milik Pak Presiden ini merupakan yang terbaik. Kami carikan dengan kualitas bagus. Semua sapi tersebut akan disembelih secara bersama-sama di Masjid Al Akbar Surabaya,” kata Kabiro Administrasi Kesmas Setdaprov Jatim Bawon Adiyitoni melalui Kabag Keagamaan Muhammad Isa.

Saat ini, seluruh sapi tersebut masih berada di peternak, di Bojonegoro. Rencananya, seluruh sapi dengan ukuran jumbo ini akan diserahkan menjelang malam takbiran. Seluruh sapi akan diserahkan ke panitia penyembelih.

“Semua sapi kurban itu akan dikirim ke Masjid Al Albar pada Minggu (11/9). Akan ada penyerahan secara simbolis kepada panitia. Semua sapi kurban milik Forpimda Jatim akan dikumpulkan semua ke Masjid Al Akbar. Nanti akan diatur tergantung protokol dan panitia, pemberian kurban diserahkan ke yayasan atau masjid mana,” tandas Isa. (sam/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top