Bupati Narkoba Hanya Disanksi Rehabilitasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Hukum

Bupati Narkoba Hanya Disanksi Rehabilitasi

CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 90

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Jaksa penuntut umum menuntut Bupati Ogan ilir non aktif Ahmad Wazir Noviadi atau Ovi beserta dua rekannya Faisal Roche dan Murdani menjalani rehabilitasi selama enam bulan.

Hal itu terungkap dalam persidangan di Pengadilan Negeri Klas I Palembang, seperti dikutipRMOLsumsel.com (Kamis, 8/9).

Dengan tuntutan tersebut, Ovi yang sudah menjalani prose rehabilitasi sejak Maret 2016 lalu bisa saja akan langsung menghirup udara bebas jika hakim sepakat dengan tuntutan jaksa.

JPU Kejari, Ursula Dewi mengatakan bahwa Ovi tidak terbukti sebagai pengedar narkoba. Berdasarkan alat bukti dia hanya menjadi pemakai barang haram tersebut.

Sebelumnya, Ovi mengakui di persidangan bahwa dirinya memakai narkoba sejak duduk di bangku SMA. Jaksa Penuntut Umum Ursula Dewi dalam dakwaan menjeratnya dengan pasal 112 ayat 1 dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara, dan dakwaan sekunder pasal 127 ayat 1 huruf (a) UU 35/2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara. Sementara barang bukti yang dihadirkan berupa hasil tes urine, ptongan rambut, dan ponsel.

Diketahui, Badan Narkotika Nasional (BNN) pusat menggerebek kediaman orang tua Ovi, yakni mantan bupati Igan Ilir Mawardi di Jalan Musyawarah, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Gandus, Palembang karena mencurigai adanya pesta narkoba jenis sabu pada 13 Maret.

Dalam penggerebekan, petugas menangkap 18 orang dan lima diantaranya positif mengkonsumsi narkoba berdasarkan tes urine, termasuk Ovi. Bupati termuda dalam Pilkada Sumsel 2014 itu telah menjalani rehabilitasi sejak 18 Maret. [wah]

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top