MK Kabulkan Gugatan Setya Novanto, Ini Reaksi Ketua MKD – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

MK Kabulkan Gugatan Setya Novanto, Ini Reaksi Ketua MKD

SUFMI DASCO AHMAD

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya menghormati dikabulkannya gugatan Setya Novanto (Setnov) terkait uji materi rekaman penyadapan di Mahkamah Konstitusi (MK), Rabu 7 September lalu.

“Kita MKD menghormati putusan MK terkait dengan bukti penyadapan ilegal,” kata Dasco, Jumat (9/9).

Terkait soal implikasi terhadap hasil sidang MKD dahulu, Dasco berpendapat, akan melihat dan mengkaji lebih lanjut.

“Kita akan lihat kembali. Namun, hasil MK itu tidak bisa serta merta kalau mau dihubung-hubungkan dengan proses di MKD,” ujar politisi Gerindra itu.

Sebelumnya, MK mengabulkan sebagian permohonan uji materi Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) oleh Setya Novanto.

MK juga mengbulkan sebagian permohonan Ketua Umum Golkar ini terkait Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor).

MK menyatakan, informasi elektronik sebagaimana diatur UU ITE dan UU Tipikor tidak mempunyai kekuatan hukum yang mengikat, selama frasa informasi elektronik dan atau dokumen elektronik dan atau hasil cetaknya sebagaimana diartikan sebagai alat bukti yang sah sesuai dengan hukum acara yang berlaku di Indonesia.

MK juga menyatakan tidak semua pihak dapat melakukan penyadapan. Hal itu merujuk dalam pemberlakuan penyadapan, harus sesuai dengan peraturan yang berlaku yaitu atas permintaan penegak hukum sebagaimana diatur dalam UU ITE. Dengan kata lain rekaman ‘Papa Minta Saham’ yang dijadikan senjata Kejaksaan Agung gugur dengan sendiri.

loading...
Click to comment
To Top