Ternyata, Pintu Masuk Narkoba di Kalangan Wanita Bisa dari Obat Tidur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Kesehatan

Ternyata, Pintu Masuk Narkoba di Kalangan Wanita Bisa dari Obat Tidur

kurang tidur

JIKA Anda mengalami gangguan tidur atau sulit tidur setiap malam (insomnia), sebaiknya Anda menghindari penggunaan obat-obatan. Salah satu pemicu awal kecanduan terhadap narkoba, dapat berawal dari insomnia.

Kondisi ini banyak dialami pada wanita dan ibu rumah tangga modern. Mereka yang memiliki banyak uang, memiliki kebutuhan terhadap obat-obatan karena sudah menjadi candu. Masalah narkoba sudah menjadi problema sosial yang besar.

“Ibu-ibu modern, artis juga kan banyak ibu-ibu muda, wanita modern mereka punya uang banyak, mereka cari itu (narkoba). Kenapa? Enggak bisa tidur tiap malam, akhirnya cari obat tidur ketergantungan. Lama-lama curiga muncul mulai nanya macam-macam.  Namanya indikasi awal Dual Disorder. Ini juga dialami  hampir semua kelas masyarakat,” tegas Psikiater dan Pakar Adiksi RS Puri Cinere dr. Al Bachri Husin, SpKJ, Kamis (8/9).

Al, begitu pria ini akrab disapa, menjelaskan penggunaan narkoba juga terdiri dari berbagai kelas. Kalangan bawah seperti pengamen dan pemulung, juga tidak sedikit yang mengonsumsi narkoba.

“Artis itu kan sebagian dari populasi masyarakat. Bukan artis saja tetapi pengamen misalnya orang akan kasih uang karena sangat ramah bangsa ini, dan kadang–kadang tak logis. Cari uang sangat gampang sekali. Kelompok punk, artis, orang-orang terpelajar pun tiap akhir pekan ada yang kecanduan narkoba,”  ungkap Konsultan Sejumlah Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) ini.

Begitupun kaum intelektual, Al menilai banyak pula yang mengonsumsi barang terlarang ini. Al menyebut bahwa pengguna narkoba baru di tiap kelas sosial menjadi lampu kuning bagi pemerintah.

“Kelas-kelas perokok berat biasanya tukang becak atau kondektur. Orang intelek ada sih perokok berat,mereka enggak sadar itu membuat gigi jelek, napas tak sedap. Kadang-kadang enggak sadar,  akhirnya dikelola oleh remaja-remaja yang meniru,” tutup Al.(cr1/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top