Calon Independen Terancam Gugur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Pilkada

Calon Independen Terancam Gugur

21440_19045_pilkada

FAJAR.CO.ID, KUPANG – Pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual di enam kecamatan di Kota Kupang telah selesai. Hasilnya, tidak ada satu pun calon yang memenuhi syarat jumlah dukungan minimal yakni 22.417 dukungan.

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi di enam kecamatan, dukungan yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) dari pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang, Adrianus Habde Dami-Ferdinandus Lehot (Adil) hanya 11.315 dukungan.

Adil kekurangan 11.102 dukungan. Padahal, sebelumnya, pasangan calon ini memasukkan lebih dari 35 ribu dukungan. Namun, saat verifikasi administrasi, yang dinyatakan lolos adalah 34.756 dukungan. Dengan demikian, sebanyak 67 persen dari total dukungan ini dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Hal yang sama juga dialami pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang, Matheos Viktor Messakh dan Victor Manbait (Viktori). Total dukungan yang dinyatakan MS adalah 12.219 dukungan. Sebelumnya dukungan yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi sebanyak 22.674 dukungan. Dengan demikian, sebanyak 46 persen dukungan dari Viktori dinyatakan TMS.

BACA:  Anggota DPR Maju Pilkada Tak Perlu Mundur

Karena belum memenuhi syarat jumlah minimal dukungan, maka langkah kedua pasangan calon independen ini kian berat. Walaupun tetap diizinkan untuk mendaftar di KPU pada 21-23 September nanti, namun keduanya harus menambah dua kali lipat dari total kekurangan dukungan. Jika jumlahnya tidak cukup, maka calon dinyatakan gugur.

Hal tersebut diatur dalam Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pencalonan. “Mereka (calon independen) tetap bisa mendaftar pada tanggal 21-23 September mendatang, bersama-sama dengan calon dari partai politik,” jelas  Juru Bicara KPU Kota Kupang, Daniel B. Ratu dikutip dari Timor Express (Jawa Pos Group), Sabtu (10/9). (r2/sam/boy/fab/JPG)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top