Waspada! Obat Kadaluarsa Beredar di Apotik dan Salon Kecantikan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Kesehatan

Waspada! Obat Kadaluarsa Beredar di Apotik dan Salon Kecantikan

Alfred Douw, SPd

FAJAR.CO.ID, TIMIKA – Maraknya peredaran obat palsu membuat Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika ikut turun tangan. Pihaknya memerika setiap apotek maupun layanan kesehatan yang menyediakan obat-obatan.

Plt Sekda Mimika, Alfred Douw mengatakan, dalam inpeksi mendadak (sidak) tersebut, pihaknya melibatkan Badan Pemeriksa Obat dan Makanan. Tim gabungan yang terdiri dari berbagai instansi teknis di lingkup Pemda Mimika itu sidak ke sejumlah apotek dan salon di Kota Timika dan sekitarnya.

Hasilnya, kata dia, memang belum ditemukan adanya obat palsu. Namun yang ditemukan adalah obat kedaluwarsa yang dijual di beberapa apotek. Pihak Pemda pun sudah memberikan teguran secara tertulis kepada apotek tersebut.

“Mereka harus sadar diri tidak perlu paksa mereka karena ini membunuh,” katanya dikutip dari Radar Timika (Jawa Pos Group), Sabtu (10/9).

Tidak hanya di apotek, hal serupa juga ditemukan di beberapa salon yang menggunakan produk kecantikan. “Mereka menggunakan itu dan waktunya sudah habis, sudah kedaluwarsa tapi mereka masih pakai,” terang Douw yang juga sebagai Koordinator Tim Pengawasan obat palsu. (sun/fab/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top