Tangkapan Besar! BPOM Gerebek Lima Pabrik Obat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kriminal

Tangkapan Besar! BPOM Gerebek Lima Pabrik Obat

obat
ilustrasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito mengaku negara hadir dalam pengawasan terhadap peredaran obat palsu.

Hal ini ia katakan setelah lima pabrik yang memproduksi obat palsu di Balaraja, Tangerang, digerebek oleh BPOM bersama dengan Direktorat V Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri.

“Negara hadir dalam melawan segala bentuk kejahatan dalam bentuk obat ilegal,” ujar Penny dalam diskusi bertemakan Obat Palsu, Siapa Mau?, di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (10/9).

Karenanya, perempuan kelahiran Jakarta, 9 November 1963 ini tidak ingin kebobolan seperti pada saat kasus vaksin palsu. Di mana vaksin beredar ke beberapa daerah sejak tahun 2003.

“Karenanya negara akan hadir, dan kita akan buktikan,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Kabareskrim Irjen Pol  Antam Novambar mengatakan, lima gudang yang digeledah ini yaitu di Blok E-19, F-36, H-16, H-24, dan I-19, seluruhnya berada di Komplek Pergudangan Surya Balaraja‎, Jalan Raya Serang KM 28 Balaraja, Tangerang.

Dari hasil penggeledahan ditemukan barang bukti berupa alat-alat produksi obat ilegal seperti mixer, mesin pencetak tablet, mesin penyalut, mesin strippinh, dan mesin filling.

Selain itu ditemukan pula bahan baku obat, produk rumahan, dan obat tradisional siap edar. Kemudian total obat yang disita sebanyak 42.480 butir, dengan total nilai lebih dari Rp30 miliar.(cr2/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top