Bahaya Road Rage, Jangan Biarkan Anda Dikuasai Amarah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kesehatan

Bahaya Road Rage, Jangan Biarkan Anda Dikuasai Amarah

img_1410

FAJAR HEALTH – Anda mungkin pernah merasakan kesal bukan kepalang ketika sedang mengantri di pintu tol yang sesak dengan kendaraan atau di jalanan yang luar biasa macet, tiba-tiba di potong oleh seseorang yang enggan mengantri atau memang seenaknya ketika berkendara.

Ketika anda berada dalam suasana hati yang demikian atau dikenal dengan istilah “road rage”, ini sungguh membahayakan dan justru hanya akan merugikan diri anda sendiri dan mungkin orang lain. Demikian hasil dari sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti asal China.

Menurut Tingru Zhang, Ph.D., sebagaimana dilansir Men’s Health, dari hasil analisa 51 studi dalam kurun 20 tahun terakhir menunjukan bahwa pengendara atau pengemudi marah cenderung bertindak agresif, berani mengambil resiko dan berpotensi melakukan kesalahan ketika berkendara.

BACA:  Setelah Baca Ini, Anda akan Berfikir Ulang Mandi Pakai Sabun Batangan

img_1415

Tindakan agresif yang dimaksud Zhang adalah seperti membunyikan klakson atau membuka jendela dan mulai mengumpat, menerobos lampu merah, mengebut hingga tailgating atau menempel dengan kendaraan di depan anda tanpa memperdulikan jarak aman.

Semua ini, kata Zhang, diakibatkan oleh tertutupnya kesadaran anda oleh amarah yang meluap, membuat anda berani mengambil resiko yang tidak akan dilakukan orang normal pada umumnya.

Oleh karenanya, penting bagi pengemudi atau pengendara untuk mengambil nafas dalam-dalam dan membayangkan konsekuensi macam apa yang dapat terjadi dari road rage.

Musik yang tenang, lanjut Zhang, juga penting untuk mencairkan suasana hati anda dan melupakan insiden yang terjadi. Atau jika suasana benar-benar terlalu panas, pinggirkan kendaraan dan dinginkan kepala anda sebelum melanjutkan perjalanan.

Lanjut FAJAR HEALTH

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top