Fakta Mengenai Telur dan Cara Memilih yang Terbaik! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kesehatan

Fakta Mengenai Telur dan Cara Memilih yang Terbaik!

Egg

FAJAR HEALTH – Satu hal yang jelas mengenai telur adalah bahwa sumber makanan ini adalah hasil produk yang kaya akan manfaat sekaligus sangat terjangkau untuk dibeli.

Namun kita ketahui bahwa telur yang kita konsumsi hadir dengan kemasan dan tampilan luar yang berbeda, ada yang dijual fresh dari peternak, ada yang sudah dikemas sedemikian rupa memudahkan konsumen untuk membelinya, ada yang terlihat berbintik ada yang terlihat bersih tanpa noda.

Lalu bagaimana dengan kualitasnya, apakah berbeda satu telur dengan lainnya?

Berikut penjelasan pakar unggas Ron Kean dari University of Wisconsin, Amerika Serikat dan tipsnya membeli telur terbaik seperti dilansir MensHealth.com:

1. Warna telur yang berbeda
“Warna cangkang telur adalah bagian dari genetika, seperti halnya warna rambut pada manusia. Namun tidak ada korelasi antara warna cangkang dengan rasa atau kandungan nutrisi,” kata Kean.

Yang terpenting, lanjut dia, adalah untuk memasak telur hingga matang, karena cangkang telur tidak melindungi isinya dari bakteri Salmonela.

BACA:  Ooohh.. Jadi Ini Penyebab Kaum Pria Grogi di Depan Wanita

2. Ukuran dan kaitannya dengan nutrisi
“Ketika induk ayam semakin tua, maka telurnya yang dihasilkan akan lebih besar. Jumlah nutrisinya juga berbeda. Pada telur ayam muda, cenderung menghasilkan telur dengan putih telur yang lebih sedikit, dan sedikit lebih banyak menghasilkan kuning telur,” jelasnya.

Itu artinya, pada telur ayam yang lebih berumur, mengandung lebih banyak kalori. Jika pada ayam muda hanya terdapat 25 gram kalori, maka pada ayam yang lebih tua mampu menghasilkan 27 gram kalori.

3. Kaitan antara ayam kandang dan yang bukan
“Telur ayam kandang dan bukan sama saja, kecuali jika dibesarkan dengan makanan yang berbeda, seperti pada pemberian pakan dengan tertentu yang dapat meningkatkan kandungan asam lemak omega-3,” ungkapnya.

Lanjut FAJAR HEALTH

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top