Kopi Tidak Selalu Baik, Berikut Dampak Buruk Mengkonsumsi Kopi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kesehatan

Kopi Tidak Selalu Baik, Berikut Dampak Buruk Mengkonsumsi Kopi

IMG_1204

FAJAR HEALTH – Seperti yang diberitakan sudah-sudah, mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat dapat memberikan manfaat tersendiri baik secara mental maupun fisik.

Kopi juga diketahui dapat melakukan hal yang lebih dari sekedar membuat anda tetap terjaga, mulai dari membakar lemak tubuh, menurunkan resiko terkena kanker usus hingga melindungi hati dari resiko kanker hepatocellular carcinoma.

Namun tidak adil sepertinya jika kami hanya membahas benefit yang didapat tanpa mengulas sisi buruknya. Berikut dampak negatif mengkonsumsi kopi seperti dilansir Prevention.com yang perlu anda ketahui:

1. Meminum kopi terlalu panas beresiko sebabkan kanker
Menurut International Agency for Research on Cancer (IARC), mengkonsumsi minuman yang panas, atau diatas dari 65 derajat Celsius, bisa menjadi salah satu penyebab kanker.

Jenis kanker yang dimaksud adalah kanker esofagus, saluran yang menguhubungkan saluran tenggorokan dengan lambung. Kebanyakan orang mengkonsumsi minuman seperti kopi dan teh pada suhu sekitar 70 derajat. Berita lainnya: Senjata Anda Berlaras Pendek? Begini Cara Tempurnya, Pasangan Pasti Merem Melek.

2. Dapat menyebabkan rasa gelisah dan panik
Kopi diketahui dapat menyebabkan rasa gelisah dan masalah tidur akibat dikeluarkannya hormon corsitol akibat konsumsi kopi. Hal ini kerap terjadi para mereka yang menderita serangan panik dan kecemasan sosial.

Untuk mengurangi efek ini, penderita gangguan kesehatan diatas harus mengurangi asupan kopi sekitar 1 atau 2 cangkir kopi per harinya dan meminum kopi terakhir 6 jam sebelum waktu tidur.

3. Manfaat kopi menjadi samar pada penderita gangguan kesehatan tertentu
Kendati dapat membuat anda terjaga, membakar lemak tubuh, mendorong daya ingat dan menurunkan resiko terkena kanker usus, namun pada mereka yang memiliki masalah dengan darah tinggi, diabetes dan gastroesophageal reflux disease, manfaat kopi sepertinya menjadi perdebatan.

FAJAR HEALTH

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top