Kontingen Sulsel Bidik Medali di Hari Pertama PON XIX/2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Sport

Kontingen Sulsel Bidik Medali di Hari Pertama PON XIX/2016

50575_69331_pon-2016-logo

FAJAR.CO.ID, Kontingen Sulawesi Selatan (Sulsel) langsung membidik medali pada hari pertama gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di Jawa Barat.

Sulsel memang sudah akan memulai petualangan di PON XIX pada Rabu (14/9). Dari beberapa cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, Sulsel berpeluang kantongi dua medali emas.

Ketua Harian Kontingen Sulsel untuk PON XIX, Ellong Tjandra mengatakan, peluang itu masing-masing satu emas pada cabor dayung dan renang kolam. Besok, Sulsel akan turun pada cabor dayung, renang kolam, gantole, dan sepak bola.

Atlet renang Sulsel diperkuat Muhammad Alamzah dan Niken Yuniarti. Dayung rowing ada Sulpianto, Theodorus Doludea, Baharuddin Alam Kusuma, Fajar, Ismail, Jafet Pasang Jenner Palakua, Fitriani Amir, dan Selvy Octavia Mulawardani.

“Sebagai ketua kontingen, saya optimistis anak-anak bisa memaksimalkan peluang ini. Saya berharap dukungan doa dari masyarakat Sulsel,” kata Ellong kepada Fajar (Jawa Pos Group).

Ketua Harian Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Sulsel ini menambahkan, peluang emas pada sepak bola dan gantole juga ada. “Khusus sepak bola,kami berharap bisa dapat emas. Kami sudah jauh hari sudah melakukan uji tanding. Ditambah, pelatih ulung seperti Syamsuddin Umar,” harapnya.

Pelatih rowing Sulsel, Nanny Nurliani membeberkan, peluang medali emas itu memang ada khususnya dari pasangan Sulpianto/Theodorus di kelas double sculls (M2X).

Namun, yang bakal menjadi batu sandungan, kata Nanny, adalah wakil dari Maluku, La Memo, yang juga tampil di Olimpiade Rio 2016 dan akan turun di kelas yang sama pada PON XIX/2016.

“Makanya, saya hanya berani mematok perak. Namun saya tetap optimistis anak-anak bisa meraih lebih dari itu (emas). Sisa dukungan doa dari masyarakat Sulsel,” akunya.

Tidak berbeda jauh dengan Nanny, pelatih Renang Sulsel, Andre Santoso, juga mengakui atletnya, Muhammad Alamzah, punya peluang meraih medali di kelas 200 meter gaya bebas dan 200 meter gaya ganti perorangan. “Jika melihat hasil uji coba belakangan ini, saya hanya berani mematok perunggu,” tambahnya.

Atlet-atlet dari keempat cabor yang bakal melakoni laga perdana besok sudah bertolak ke Bandung sejak Minggu (11/9). Para atlet pun sudah uji coba venue sejak Senin (12/9).

Sejauh ini, lanjutnya, kondisi anak asuhnya sudah siap tempur di grup B menghadapi tim Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara. “Melihat peta kekuatan, kita masih unggul di atas kertas. Semoga kita bisa memaksimalkan peluang ini,” jelas Asisten Pelatih Tim PON Sepakbola Sulsel, Maulid Ibrahim. (*/ira/JPG)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top