Wajib Tau! Manfaat Istimewa Asam Jawa bagi Dunia Kesehatan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Wajib Tau! Manfaat Istimewa Asam Jawa bagi Dunia Kesehatan

IMG_1445

FAJAR HEALTH – Tamarind atau di Indonesia dikenal dengan nama asam Jawa sering digunakan untuk bumbu masak. Namun mungkin belum banyak yang tahu jika tumbuhan bernama latin tamarindus indica ini juga memiliki potensi dalam dunia kesehatan.

Dalam bentuk minuman, tamarind biasanya digunakan untuk mengobati beberapa jenis masalah kesehatan seperti diare, konstipasi demam dan bisul perut. Sementara kulit dan daunnya juga berguna untuk menyembuhkan luka.

Menurut riset modern, kandungan polifenol yang dimiliki tamarind memiliki sifat antioksidan dan anti radang, yang artinya, dengan mengkonsumsi tamarind, dapat mengurangi resiko seseorang terkena penyakit jantung, kanker dan diabetes.

Malahan, biji tamarind sendiri berkhasiat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Ekstrak tamarind pun diakui berkhasiat dalam membantu seseorang untuk menurunkan berat badan dan memerangi pembengkakan hati.

Namun perlu diwaspadai bahwa tamarind kaya akan kalori, jika dibandingkan jenis buah lainnya. Karenanya, bagi anda yang memiliki masalah dalam mengontrol asupan kalori, tamarind tidak direkomendasikan untuk anda.

LANJUT FAJAR Health

loading...
Click to comment
To Top