Kacau, 80 Persen Dana KUR Salah Sasaran – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Ekonomi & Bisnis

Kacau, 80 Persen Dana KUR Salah Sasaran

PAMER HASIL : Sejumlah pegawai UD Sakana, salah satu UKM di Kota Mataram, memproduksi berbagai makanan ringan khas Lombok, Sabtu (23/01) kemarin.

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Diperkirakan sekitar 80 persen kredit usaha rakyat (KUR) salah sasaran. Program yang diperuntukan untuk untuk bantuan modal bagi usaha produksi mikro rakyat di pelosok pedesaan itu malah mengalir ke kota.

“Dalam praktiknya, sekitar 80 persen justru mengalir ke sektor usaha jasa distribusi di kota-kota. Padahal harusnya untuk nelayan dan petani di desa-desa sentra produksi. ,” kata Johnny, dalam Forum Legislasi “RUU Perbankan”, di pressroom DPR, Senayan Jakarta, Rabu (14/9).

Parahnya lagi, lanjut Johnny, KUR tersebut justru digunakan untuk mendikte produk petani dan nelayan sehingga menggerus manfaat ekonomi yang semestinya dinikmati petani dan nelayan mikro.

BACA:  BNI dan BRI Turunkan Suku Bunga, Ini Angkanya

Kondisi ini, kata Johnny harus segera dibenahi agar KUR itu bisa memberikan manfaat sosial dan ekonomi sebesar-besarnya terhadap pengusaha produksi mikro.

“Sebab pada tahun 2017 suku bunga KUR itu tak lebih dari 7 persen karena suku bunga rilnya akan ditutup oleh APBN. Undang-undang harus memberikan ketegasan pendistribusian KUR dengan cara menentukan jenis usaha dan besaran aliran KUR bagi setiap kelompok kegiatan ekonomi mikro,” pungkasnya.

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top