Luhut: Reklamasi Teluk Jakarta untuk Kepentingan Nasional – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Luhut: Reklamasi Teluk Jakarta untuk Kepentingan Nasional

044932_601649_Luhut_Panjaitan_d_ric

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan tidak ada kepentingan politis terkait dilanjutkannya pelaksanaan reklamasi Pulau G.

Selain kajiannya  telah dirampungkan, katanya, reklamasi Teluk Jakarta secara umum untuk kepentingan rakyat Jakarta.

“Kepentingan nasional, DKI Jakarta setiap tahun (daratannya) turun 7,5 centimeter,” ujarnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/9).

Tak hanya soal daratan Jakarta, pemerintah juga melihat sumber air yang semakin menipis. Karenanya, reklamasi yang terintegrasi dengan bendungan raksaksa sepanjang 25 kilometer, bisa menambah volume ketersediaan air nantinya.

Luhut menerangkan, dari hasil penelitian yang dilakukan pemerintah, air dalam 2 meter di atas air asin yang ditampung bendungan itu bisa diproses menjadi air minum.

“45 meter kubik per detik akan bisa dipompa dasarnya. Kira-kira setara 40 persen kebutuhan air kita,” jelasnya lebih lanjut.

Selain itu, proyek reklamasi yang terintegrasi dengan bendungan raksaksa itu dapat menghindari banjir rob. “Kalau orang tidak paham, ada pikir (ini karena) masalah lain. Ini masalah teknis profesional. Tidak ada alasan untuk tidak meneruskan (proyek reklamasi),” pungkasnya. (dna/JPG)

loading...
Click to comment
To Top