Oplos Gas Jadi Penyebab Ledakan di Makassar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kriminal

Oplos Gas Jadi Penyebab Ledakan di Makassar

Pemadam kebakaran dibantu warga berusaha memadamkan api yang terjadi akibat ledakan tabung gas elpiji di Jalan Harimau, Makassar, Sulsel, Minggu (11/9/2016). Puluhan rumah dan toko rusak akibat ledakan akibat tabung gas tersebut. FOTO: JUMAIN SULAIMAN/FAJAR/JPG

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Polisi memastikan bahwa ledakan tabung gas di sebuah rumah di Jalan Harimau Makassar beberapa waktu lalu disebabkan aktifitas pengoplosan gas.

Polisi pun telah menetapkan dua pengusaha berinisial CW dan SW dari ledakan itu. Keduanya diketahui melakukan tindak pidana dengan mengoplos gas bersubsidi.

Pengoplosan dilakukan pada malam hari sekitar pukul 21.00 hingga 23.00 Wita. Alat yang digunakan regulator conventer yang dihubungkan dari tabung tiga kilogram ke 12 kilogram.

Aktivitas pengoplosan di ruko tersebut sudah dilakuka enam bulan belakangan. Setiap hari, ada 30 sampai 40 tabung 12 kilogram hasil pengoplosan dari tabung tiga kilogram.

Keuntungan bersih hasil penjualan pertabung gas oplosan itu mencapai Rp85 ribu per tabung. Disinyalir, pengoplos memperoleh tabung gas tiga kilogram subsidi dari sejumlah penjual eceran dan dikumpulkan di dalam ruko. Kemudian, menjual tabung gas 12 kilogram dengan harga normal.

“Hasil oplosan dari tiga kilogram ke 12 kilogram juga tidak sesuai bobotnya,” kata Rusdi.

Ditambahkannya, usaha yang dilakukan tersangka tanpa izin dari Pertamina. Kedua tersangka dijerat dengan UU No 22 Tahun 2001 tentang Migas, khususnya pasal 55 tentang penyalahgunaan migas yang disubsidi oleh pemerintah dengan hukuman kurungan penjara selama enam tahun. (fjr/sad/JPG)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top