PDIP Pastikan Usung Calon Sendiri di Pilgub DKI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Pilkada

PDIP Pastikan Usung Calon Sendiri di Pilgub DKI

Pilkada_

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memastikan bakal maju dengan mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sendiri dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017. PDIP tidak akan mengikuti gerbong Golkar, Nasdem, dan Hanura.

Demikian ditegaskan Ketua DPP PDIP Bidang Keanggotaan dan Organisasi Djarot Saiful Hidayat, kemarin (13/9). Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengakui, partainya memang belum menentukan siapa pasangan calon yang akan diusung. Namun yang pasti, tidak akan ikuti partai politik lain.

“Prosesnya kan sudah kita lalui, tentunya dinamika sudah kita amati. Bagaimana keputusan partai masih digodok terus. Kenapa? Karena memang posisi PDIP itu satu-satunya partai yang bisa mengusung calon sendiri,” kata Djarot.

Djarot mengatakan, pihaknya membuka diri jika ada partai politik ingin bergabung dengan PDIP mengusung pasangan tertentu. “Kalau partai lain bagaimana? Kalau mendukung silakan, sama-sama kita,” terang dia.

Dia menjelaskan, bergabungnya partai politik lain bersama PDIP maju dalam Pilgub DKI 2017 harus memiliki satu tujuan. Yakni memberikan yang terbaik bagi kelangsungan kesejahteraan DKI Jakarta. Baik dari sisi pembangunan kota maupun dari sisi kesejahteraan warga Jakarta.

“Karena memilih pasangan calon kan bukan orang per orang, tetapi menyatukan dua orang menjadi satu. Sehingga butuh prinsip sejalan, serasi dan seirama,” terang dia.

Ia juga mengatakan bahwa PDIP tidak ingin pasangan calon yang diusungnya, ternyata tidak memiliki hubungan baik dalam enam bulan atau satu tahun kedepan. Hal itu banyak terjadi di daerah-daerah, hubungan gubernur dan wakil gubernur terpecah karena terjadinya perbedaan pendapat atau adu argumentasi.

“Keduanya harus serasi, harus saling melengkapi satu sama lain. Harus betul-betul seirama karena tidak bisa bekerja sendiri, harus bersama,” papar Djarot.

Terkait adanya spekulasi nama pasangan calon, Djarot masih enggan memberitahukannya. Karena itu menjadi wewenang Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. “Tentang nama-nama, kita tunggu saja lah. Sabar,” tutur dia.

Di sisi lain, Budayawan Betawi Ridwan Saidi meyakini, PDI Perjuangan akan mengusung calon gubernurnya sendiri. Terkait klaim gubernur petahana Basuki Tjahaja Purnama yang dalam beberapa kesempatan mengatakan didukung Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, kata Ridwan, hal itu sekadar klaim Ahok saja.

Menurut Ridwan, pada dasarnya Ahok sedang mencari jalan mundur sebagai cagub yang aman. “Ahok sekarang sedang panik. Dia sebenarnya berniat mundur dari pencalonan, karena posisinya sudah terdesak,” kata Ridwan. (wok/yuz/JPG)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top