Sindrom Manusia Batu, Penyakit Langka yang Mengubah Daging Menjadi Tulang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Kesehatan

Sindrom Manusia Batu, Penyakit Langka yang Mengubah Daging Menjadi Tulang

IMG_1462

FAJAR HEALTH – Anda mungkin pernah mendengar mahluk mitologi bernama Medusa yang mampu mengubah siapapun yang memandang matanya menjadi sebongkah batu.

Di dunia nyata ini, ada hal yang sama mengerikannya dengan Medusa, namun dalam bentuk penyakit. Bernama stone man syndrome atau sindrom manusia batu.

Penyakit langka ini dapat mengubah otot dan jaringan saraf seperti ligamen dan tendon, beregenerasi menjadi tulang, menyebabkan tumbuhnya tulang baru yang menyebabkan imobilitas bagi penderitanya.

Seperti dilansir Medical New Today, gejala awal yang disebabkan oleh penyakit bernama lain fibrodysplasia ossificans progressiva (FOP) ini adalah perubahan yang ditunjukan pada jempol kaki diikuti dengan sendi yang kaku, gangguan pergerakan dan sulit bernafas.

Diperkirakan terjadi pada 1 dari 2 juta orang di dunia, stone man syndrome terbentuk akibat mutasi yang terjadi pada gen ACVR1, sebuah gen yang mengontrol pertumbuhan sel dan proliferasi pada otot dan jaringan penghubung. Penyakit ini diketahui dapat dituruni pada anak dari penderita.

Yang menyeramkan dari penyakit ini adalah hanya membutuhkan luka kecil pada tubuh untuk memicu tumbuhnya tulang dari luka tersebut, ditambah lagi, kondisi ini tidak dapat diatasi dengan medis, proses operasi untuk menghilangkan tulang baru ini hanya akan memicu pertumbuhan tulang baru lainnya.

LANJUT FAJAR Health

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top