Tinggalkan Rokok Sekarang, Inilah Mengapa! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kesehatan

Tinggalkan Rokok Sekarang, Inilah Mengapa!

IMG_1456

FAJAR HEALTH – Sudah tak terhitung temuan medis yang bisa dijadikan alasan untuk orang berhenti merokok, salah satunya temuan terbaru yang dirilis pada jurnal “Circulation: Cardiovascular Imaging”.

Dalam studi itu, seperti dilansir Medical News Today, disebutkan bahwa merokok dapat menyebakan penebalan pada dinding jantung, berakibat menurunnya kemampuan jantung untuk memompa darah.

“Data-data yang ada menunjukan bahwa hanya dengan merokok, dapat menyebabkan penebalan dan memperburuk kondisi jantung, yang dapat meningkatkan resiko terkena gagal jantung, meski pada mereka yang tidak pernah terkena serangan jantung,” kata Dr. Wilson Nadruz Jr., Ph.D., penulis utama jurnal tersebut.

Oleh sebab itu, sebelum semuanya terlambat, para perokok dianjurkan untuk segera meninggalkan kebiasaannya, karena menurut Dr. Scott Solomon, fungsi dan struktur jantung manusia dapat memulihkan dirinya secara alami dari kerusakan yang disebabkan merokok.

“Struktur dan fungsi jantung yang dimiliki oleh mantan perokok memiliki kesamaan dengan mereka yang tidak pernah merokok, dengan kata lain, setelah berhenti merokok, sepertinya jantung dapat memulihkan dirinya seperti sedia kala,” jelas peneliti senior dan professor dari Harvard Medical School dan Brigham and Women’s Hospital itu.

LANJUT FAJAR Health

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top