Benarkah Es Kopi Sinida Berwaran Kuning? Ini Hasil Uji Coba Ahli Toksikologi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Kriminal

Benarkah Es Kopi Sinida Berwaran Kuning? Ini Hasil Uji Coba Ahli Toksikologi

mirna

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Penjelasan Ahli Toksikologi dari Universitas Indonesia Dr Budiawan, membuat Anggota Majelis Hakim Binsar Pandjaitan penasaran.

Pasalnya, dari percobaan yang dilakukan dengan perlakuan yang sama saat almarhum Mirna Salihin meninggal dunia usai minum es kopi Vietnam, menyebut tidak ada perubahan warna, saat racun sianida dicampur dalam es kopi.

“Saksi menyebut kopi (yang diminum almarhum Mirna,red) berwarna kuning. Bagaimana penjelasan ahli,” ujar Binsar pada lanjutan sidang tewasnya Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso, Rabu (14/9).

Menanggapi pertanyaan tersebut, Budiawan menyebut perubahan warna bersifat subjektif. Namun intinya dari percobaan yang dia lakukan, tidak ada perubahan warna pada es kopi Vietnam.

“Faktanya, yang pernah kami coba, warnanya coklat seperti susu. Bagi kami fakta (es kopi Vietnam setelah dicampur sianida,red) tak berubah warna kuning,” tutur Budiawan.

Menanggapi hal itu, Kuasa Hukum Jessica Kumala Wongso mengatakan,
hasil percobaan yang dilakukan ahli toksikologi forensik dari Universitas Udayana Bali I Made Gelgel Wirasuta, juga menyatakan tidak ada perubahan warna saat es kopi dicampur dengan sianida.

Bahkan untuk membuktikan hal itu, saksi Gelgel melakukan ujicoba dengan beberapa perlakuan. Mulai dari es, susu, kopi dan sianida. Hasilnya, semua warna saat dicampur sianida, tetap coklat susu. Tak ada yang mengatakan berwarna kuning.

“Iya (saya sependapat,red) warna sama, tidak ada yg kuning-kuning,” tandas Budiawan.(gir/jpnn)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top