Dengan Semangat IUMKM, Akumandiri Jateng Siap Bantu Program Pemerintah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Ekonomi & Bisnis

Dengan Semangat IUMKM, Akumandiri Jateng Siap Bantu Program Pemerintah

pengukuhan-dpw-akumandiri-jawa-tengah

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Assosiasi IUMKM Akumandiri Indonesia Provinsi Jawa Tengah (Jateng) telah dikukuhkan, Kamis (15/9) di Semarang. Pengukuhan pengurus DPW Akumandiri Jateng tersebut dilakukan langsung oleh Ketua Umum Akumandiri, Hermawati Setyorinny.

Dengan dikukuhkan Akumandiri Jateng ini, makin memperluas jaringan Assosiasi yang bergerak untuk membantu para pelaku IUMKM diseruluh Indonesia. Setidaknya, sampai saat ini pengurus Akumandiri sudah tersebar dibanyak kota/kabupaten, provinsi bahkan beberapa Negara lainnya.

Dalam pengukuhan tersebut, posisi Ketua DPW Jateng dijabat oleh Mei Sulistyoningsih, wakil ketua Widodo dan Didik Ardiyanto, sekretaris A Wibowo Sukarno dan Feb Sihsia Dewi Sutawar serta bendahara Lis Murniati Kurnia.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Kepala Seksi Sarana Perdagangan Dinas Perindag Jateng Arief Hadiono yang mewakili Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Disnakertrans Jateng, Dinas Koperasi Jateng, Kepala Dinas Koperasi dan IUMKM Kota Semarang Litani Satya yang mewakili Walikota Semarang serta perwakilan dari BNNP Jateng.

Arief Hadiono dalam sambutannya sangat merespon baik hadirnya IUMKM Akumandiri. Dengan hadirnya Akumandiri di Jateng akan sangat berpotensi dalam meningkatkan sumber daya manusia dan tentunya dapat saling bergandengan tangan membantu perekonomian Jateng menjadi lebih baik kedepannya.

“Kami menyambut baik adanya Akumandiri karena selama ini IUMKM disini belum terwadahi. Hadirnya Akumandiri tentu sangat berpotensi sekali yang tentunya akan berdampak pada peningkatan jumlah perekrutan tenaga kerja, mengurangi kemiskinan dan yang terpenting IUMKM akan sangat berpengaruh menghadapi krisis,” jelas Arief dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Arief berharap dengan hadirnya Akumandiri pula dapat mewadahi IUMKM yang ada di Jateng. Sementara tugas pemerintah dalam hal ini Dinas Perdagangan akan mengupayakan dalam hal pemasaran melalui pameran hasil-hasil IUMKM baik didalam maupun diluar negeri. “Misalnya kita memiliki pameran nah disitu kita akan bantu memasarkan produk dari pelaku IUMKM ini hingga dengan kerjasama ini bisa diberdayakan semaksimal mungkin,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPW Akumandiri Jateng Mei Sulistyoningsih usai dikukuhkan menjelaskan struktur kepengurusan yang ada ditubuhk Akumandiri Jateng. Dipaparkan, dari struktur yang dimilikinya, selain pelaku bisnis, kebanyakan para pengurus berasal dari akademisi dan praktisi.

“Alhamdulillah, perlu diketahui struktur yang kami miliki sebagian besar beranggotakan dari kalangan akademisi dan juga ada praktisi. Tapi, kami juga pelaku bisnis di Jateng,” kata Mei membuka sambutannya.

Mei menjelaskan, dalam perjalanannya, Akumandiri memiliki visi dan misi yang hadir sebagai variable signifikan dalam pertumbungan perekonomian di Indonesia. Sehingga dengan kehadiran Akumandiri dapat menjadi kebutuhan bagi seluruh komponen dan bagi para pengguna jasa IUMKM.

Kedepannya, Akumandiri akan melakukan fasilitasi penataan hubungan yang baik antar Koperasi dan pengusaha IUMKM dan seluruh komponen yang terkait peningkatan kemampuan dan kapasitas pengusaha IUMKM di Indonesia pada titik yang memadai untuk menjadikan IUMKM sebagai variabel signifikan dalam perekonomian.

“Kedepannya juga kami mempunyai target utama yakni pemetaan hubungan yang baik yang salah satunya membantu program pemerintah sehingga kita juga sangat ingin IUMKM dapat menghasilkan daya saing dengan nilai jual yang bagus,” paparnya.

Ditempat yang sama, Ketua Bidang Layanan UMKM dan Keanggotaan Akumandiri, Edi Swandi yang mewakili Ketua Umum Akumandiri Hermawati Setyorinny menjelaskan, dengan dikukuhkannya Akumandiri Jateng memberikan keyakinan para pelaku IUMKM di Jateng khususnya akan sukses.

Dijelaskan, berbicara tentang IUMKM maka sektornya hampir disetiap detik akan menarik untuk diperbincangkan dan tidak akan ada habisnya. Namun, pada kenyataannya, sampai saat ini masih banyak para pelaku IUMKM yang menjerit karena tidak bisa berbuat apa-apa. “Kadang program pemerintah tidak sampai, padahal ketika ekonimi kita dihajar oleh yang namanya krismon pada tahun 1997, yang menjadi penyelamat ekonomi Indonesia para pengusaha kecil, dan dunia mengakui itu,” tukasnya.

“Olehnya itu, Akumandiri lahir untuk menjawab semua tantangan itu untuk dapat mengambil bagian agar pelaku IUMKM dapat lebih maju sampai kepada tujuan yang dicita-citakan dengan cara eksis bersama stakeholder yang ada,” sambungnya.

Sejauh ini, lanjut Edi, Akumandiri tidak hanya ada di Indonesia. Tetapi, Akumandiri juga kini sudah terbentuk dibeberapa Negara, diantaranya Rusia, Jerman, Jepang, Belanda dan beberapa Negara lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa Akumandiri juga bersinergi dengan IUMKM yang berada diluar negeri. “Olehnya itu, Akumandiri sebagai assosiasi nasional bahkan internasional bersama-sama pemerintah agar sampai ketujuan atau  user baik dengan pendampingan, pemberdayaan dan pelatihan,” ujarnya.

Dalam pengukuhan tersebut, selain dihadiri Ketua Umum DPP Akumandiri Hermawati Setyorinny dan Ketua Bidang Layanan UMKM dan Keanggotaan Edi Swandi juga turut hadir Waketum DPP Akumandiri Indra Wishnuntoro S, Bidang Kerjasama Usaha Antar Lembaga dan Kemitraan Arif Zakaria, Bidang Pemasaran dan Komunikasi Publik Suratman dan Bidang Media dan Informasi Hariman. (hrm/fjr)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top