Lah! Terdakwa Investor Bodong di Sidrap Divonis Ringan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Lah! Terdakwa Investor Bodong di Sidrap Divonis Ringan

paluhakim

SIDRAP, –Tiga terdakwa kasus penipuan investasi asing bodong di Sidrap divonis Pengadilan Negeri Parepare, Selasa (14/9). Hukuman yang dijatuhkan hakim PN Sidrap terhadap tiga terdakwa kasus investasi bodong itu, terpaut jauh dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Sang bos investasi Ahmad Lusi misalnya, meski sebelumnya dituntut pidana 1 tahun 6 bulan penjara oleh JPU, namun hakim PN Sidrap memvonis terdakwa tujuh bulan.

Bukan hanya Ahmad Lusi yang divonis ringan, majelis hakim dipimpin Andi Nurmawatididampingi dua hakim anggotam Andi Maulana dan Nur Afiah memvonis Baharuddin lima bulan dan Muhammad Yunus dengan hukuman 6 bulan penjara .

Ketua PN Sidrap, Andi Nurmawari, melalui Humas PN Sidrap, Andi Maulana yang dhubungi, Rabu (14/9) siang, tidak menampik putusan ringan para terdakwa. Maulana mengklaim putusan itu sudah memenuhi rasa keadilan.
Maulana tidak membeberkan alasan-alasan hukum mengapa ketiga hakim PN Sidrap itu memvonis ringan ketiga terdakwa. Namun demikian, kata dia, putusan itu sudah berdasarkan hasil musyawarah para hakim.

“Tidak ada juga keharusan hakim memutuskan perkara dengan berdasar pada tuntutan JPU. Intinya, putusan itu dapat dipertanggung jawabkan,” kata Maulana.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidrap, Jasmin Simanullang mengaku tidak terima vonis terhadap ketiga terdakwa. Karenanya, Jasmin mengaku sudah memerintahkan JPU untuk mengajukan upaya hukum banding. (ady)

loading...
Click to comment
To Top