Walikota Dapat Toyota Harier, Pimpinan Dewan Juga Mau Kali – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Daerah

Walikota Dapat Toyota Harier, Pimpinan Dewan Juga Mau Kali

toyota-harier

FAJAR.CO.ID SERANG – Keinginan empat pimpinan DPRD Kota Serang untuk menunggangi mobil dinas (mobdin) baru pada APBD Perubahan tahun ini kandas.

Usulan itu langsung dicoret karena saat ini Pemkot Serang sedang melakukan penghematan belanja daerah.

Informasi yang dihimpun Radar Banten (Jawapos Grup), keempat pimpinan itu mengusulkan mobil sport utility vehicle (SUV) mewah dengan kapasitas mesin 2.500 cc.
Padahal, saat ini, keempat pimpinan Dewan itu sudah memiliki mobdin jeep dengan kapasitas mesin 2.000 cc yang pengadaannya baru dilakukan pada 2014 lalu saat mereka dilantik. Saat itu, anggaran yang dikucurkan untuk pengadaan sebesar Rp 1,6 miliar.

“Sudah dicoret (usulan mobdin-red),” tegas Walikota Serang Tb Haerul Jaman usai rapat paripurna pendapat akhir Raperda tentang Perubahan APBD tahun 2016, Rabu (14/9).

Jaman menerangkan, pemangkasan belanja mobdin merupakan salah satu efisiensi yang dilakukan Pemkot Serang pascapenundaan dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp 70,39 miliar yang dilakukan pemerintah pusat.

“Kan pimpinan dewan masih memiliki mobdin yang layak,” ujarnya.

BACA:  Mudik Pakai Kendaraan Dinas Boleh Saja, Asal…

Jaman mengatakan, usulan mobdin itu bisa saja terealisasi apabila kemampuan keuangan Kota Serang mencukupi.

“Kalau eksekutif, tidak ada yang mengusulkan mobdin,” ungkap Jaman.

Wakil Ketua DPRD Kota Serang Amanudin Toha mengakui adanya usulan mobdin tersebut. Dia pun menilai tidak ada yang salah dengan usulan tersebut.

“Kan posisinya pimpinan dewan itu setara dengan kepala daerah,” ujarnya.

Amanudin mengungkapkan, usulan pengadaan mobdin itu dikarenakan kendaraan yang saat ini digunakan para pimpinan dewan akan diberikan ke empat komisi yang ada di DPRD. Apalagi, mobdin untuk komisi yang dibeli sekira 2010 lalu itu sudah tidak layak pakai.

Dia pun mengaku tidak keberatan usulan tersebut dicoret karena alasan keterbatasan anggaran. Hanya saja, dia mengingatkan bahwa pada APBD-P tahun lalu, wali kota juga diberikan fasilitas mobdin baru jenis Toyota Harier yang harganya mencapai Rp 960 juta.

“Kalau kami tidak usah sampai Harier,” sindir Aman. (jpnn/Fajar)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top