Begini Jawaban Pembela Jessica Soal Paper Bag Yang Bergeser – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kriminal

Begini Jawaban Pembela Jessica Soal Paper Bag Yang Bergeser

51284_70063_sidang-21

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Jaksa Penuntut Umum (JPU) mencecar ahli digital forensik Rismon Hasiholan Sianipar soal adanya pergeseran paper bag yang dibawa terdakwa Jessica Kumala Wongso berdasarkan hasil analisanya.

Rismon menayangkan hal itu dari cuplikan berita yang ditayangkan stasiun televisi. Penayangan tersebut adalah rekaman CCTV Kafe Olivier yang pernah diputar di sidang kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin sebelumnya.

Namun, Rismon tidak bisa menjelaskan secara rinci apakah pergeseran dari aktifitas Jessica yang nampak dari tampilan penayangan stasiun TV. Dia hanya menjelaskan jika dugaan pergeseran papar bag di meja nomor 54 itu adalah perubahan intensitas antar frame.

“Yang saya lihat adanya perubahan intensitas. Ini harus dianalisa ada dugaan perubahan intensitas antar frame. Terus dinyatakan diklaim sejajarkan paper bag. Maksudnya disejajarkan, disusun,” kata Rismon di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (15/9).

Mendengar hal tersebut, JPU Sugih Carvalho lantas kembali menanyakan apakah dari analisa itu terlihat Jessica yang menggeser paper bag. Dia mengaku tidak tahu adanya pergeseran paper bag karena hanya menganalisa secara parsial.

BACA:  Punya Istri Siri S2 Maka Perjanjian Harus Jelas. Suaminya Dipaksa Tanda Tangan di Notaris

“Saya nggak tahu (karena) saya fokus terhadap beberapa pergerakan (Jessica),” jawab Rismon.

“Jadi hantu yang menggeser?,” timpal Jaksa Sugih.

Mendengar pernyataan saksi ahli, maka jaksa pun mempertanyakan mengapa Rismon tak menganalisa rekaman video secara kompherensif. Bahkan, jaksa Sugih menuding jika Rismon hanya menganalisa rekaman video berdasarkan permintaan tim kuasa hukum Jessica.

“Permintaan penasehat hukum? Nggak boleh dong parsial, fair, dan harus jujur. Kalau mengamati itu (berarti) hanya menguntungkan terdakwa,” kata Jaksa Sugih.

Jaksa Sugih membandingkan analisa Rismon dengan saksi ahli digital forensik Puslabfor Polri Muhammad Nuh Al Azhar yang menganalisa rekaman CCTV kafe Olivier sejak Jessica tiba sampai Mirna kolaps usai meminun es kopi Vietnam.

“Kalau Nuh itu menganalisa dari awal hingga akhir,” kata Jaksa Sugih.

“Pak Nuh punya data primer,” Rismon menimpali.

Karena perdebatan itu, Ketua Majelis Hakim Kisworo berusaha menengahi. Jaksa dimintai menyudahi memberikan pertanyaan kepada saksi ahli Jessica karena waktu yang diberikan sudah habis. (elf/JPG)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top