Gawean Anak Muda #1000SBIT Guncang Pariwisata Indonesia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Budaya & Pariwisata

Gawean Anak Muda #1000SBIT Guncang Pariwisata Indonesia

rutz4znp

BALI – Anak muda Indonesia makin peduli dengan pariwisata tanah airnya. Salah satu yang dilakukan komunitas anak muda yang menamakan dirinya #1000SBIT ini adalah buktinya. Mereka bakal menggelar even akbar bertajuk Festival Pariwisata Ter-Akbar dengan tema “Jelajahi Rahasia Keelokan Nusantara” di Kuta Bali, 18-24 September 2016, mendatang. Aktivitas utamanya adalah memamerkan karya-karya fotografi dan videografi dengan tema Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia.

Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Anang Sutono surprise bekerjasama dengan komunitas anak muda yang tergabung dengan #1000SBIT itu. Mereka sadar betul, bahwa keindahan alam dan budaya Indonesia itu sulit dicari tandingannya. Nah, kecantikan itu yang juga harus dinikmati dan dirasakan oleh seluruh penduduk dunia dengan menyebarkannya di media sosial.

Menurut dia, event mereka ini boleh dibilang “luar biasa.” Niatnya sangat bagus, untuk mengangkat segala unsur keunggulan pariwisata daerah-daerah di Indonesia mulai dari budaya, alam, maupun buatan manusia. Yang termasuk dalam budaya itu seperti kuliner, kesenian, adat kebiasaan, heritage, dan tradisi turun temurun. Yang masuk dalam wisata alam, seperti keindahan panorama, bahari, gunung, hutan, sawah, geopark dan lainnya.

“Kami STP Bandung diajak berdiskusi dengan hal ini, karena itu kami siap bekerjasama. Mereka akan buat acara besarnya di Bali, dan kami akan hadir dan mendukungnya,” ujar Anang.

Panitia mengaku sudah berkoordinasi dengan petinggi STP Bandung untuk dimintai masukan dan visi misi Pariwisata di akademis dan dikaitkan dan diimplementasikan di acara tersebut. Kata Anang, pihak penyelenggara akan menggunakan tagline acara dengan tema “Gerakan Anak Bangsa untuk Mendukung dan Mensukseskan Kemajuan Pariwisata Indonesia.”

”Acara mereka cukup prestise. Mereka akan mengundang fotografer ternama Mario Blanco untuk menjadi juri, bahkan Mario Blanco juga mempersilahkan hasil fotonya untuk dipamerkan di acara ini,” katanya.

Sementara itu, Pentolan #1000SBIT Hanif Husnan mengaku senang bisa berbuat untuk Pariwisata Indonesia. Pihaknya terus berdiskusi dengan STP Bandung karena menilai bahwa akademis di kota kembang itu merupakan pihak yang sangat kompeten diajak untuk diskusi manfaat apa yang harus dilakukan #1000SBIT bagi Pariwisata Indonesia.

”Maka lahirlah acara-acara kami ini,”ujar Hanif. Hanif menjabarkan, #1000SBIT adalah singkatan dari 1000 Beatuy of Indonesia Tourism. Isinya adalah gabungan berbagai anak muda dair seluruh Indonesia yang memiliki hobi dalam mengambil foto keindahan alam Indonesia dan mengabadikan video keindahan nusantara di dunia sosial media.

”Berawal dari situ dan menjadi sebuah keperdulian kami bagi Pariwisata Indonesia. Kami kerjaannya adalah bagaimana mencari tempat pariwisata di Indonesia yang tidak pernah terjamah, terfoto bahkan terambil gambarnya oleh siapapun, keindahan alam di Indonesia dan diviralkan di sosial media yang kami miliki,” ujar pria asal Bandung itu.

Hanif mengaku sudah melaksanakan perhelatan pameran foto itu pada tanggal 26-28 Agustus yang lalu dengan tajuk yang sama. ”Yang kedua di Bali nanti, sedangkan yang ketiga di Bandung pada bulan Desember nanti. Pada perhelatan di Bali, rencananya akan dilaksanakan berbagai program acara yakni Pameran Foto Pariwisata Terpanjang Menuju Rekor MURI, Penayangan Video Pariwisata Berdurasi Terpanjang Menuju Rekor MURI, Gelar Budaya, Wisata Kuliner, Photography Corner. ” Kami juga sudah mempersiapkan hadiah untuk peserta lomba foto dan video Pariwisata menuju rekor MURI yang total hadiahnya Rp 1 Miliar,”jelas Hanif.(*)

loading...
Click to comment
To Top