Harus Tahu! Kaitan Antara Pisang dan Diabetes – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Kesehatan

Harus Tahu! Kaitan Antara Pisang dan Diabetes

IMG_1479

FAJAR HEALTH – Bagi penderita diabetes (diabetesi) melakukan kontrol terhadap kadar gula dalam darah bukan hal yang bisa disepelekan. Sebaik apa upaya tersebut dilakukan akan berimplikasi pada sejauh mana kondisi diabetesi dapat terhindar dari komplikasi medis yang dapat disebabkan penyakit gula tersebut.

Itu artinya, menghindari atau mengurangi konsumsi terhadap jenis makanan tertentu penyebab meningkatnya gula darah adalah salah satu faktor yang utama bagi diabetesi.

Contohnya buah yang satu ini. Pisang adalah jenis buah yang diminati hampir semua kalangan. Namun perlu diketahui, 93 persen kalori yang dimiliki pisang adalah dalam bentuk karbohidrat dan gula, yang bertanggungjawab atas meningkatnya kadar gula dalam darah diabetesi.

Lalu apakah itu berarti diabetesi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis buah ini?

Dilansir Authority Nutrition, pisang hijau atau pisang mentah adalah yang terbaik untuk diabetesi, karena mengandung lebih sedikit gula dan memiliki resistensi pati (tidak menyebabkan peningkatanan kadar gula) yang justru baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Menurut beberapa studi, resistensi pati memiliki manfaat tersendiri bagi diabetesi, khususnya diabetesi tipe 2. Dengan mengkonsumsi resistensi pati, dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan berhasiat mengurangi peradangan.

LANJUT FAJAR Health

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top