Ini yang Diwariskan Orang Tua Perokok pada Buah Hatinya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kesehatan

Ini yang Diwariskan Orang Tua Perokok pada Buah Hatinya

IMG_1488

FAJAR HEALTH – Menghirup asap rokok sejak kecil dapat menyebabkan gangguan perpapasan, kesehatan juga memperpendek umur seseorang. Demikian pernyataan American Heart Association dalam temuannya baru-baru ini.

Kendati bahaya ini disadari atau tidak, anak-anak kerap menghirup asap rokok baik di rumah maupun di tempat-tempat atau kendaraan umum, meski kebanyakan di dapat dari orang tuanya sendiri.

“Anak-anak dari kaum minoritas dan mereka dari kalangan berlatarbelakang ekonomi kecil kerap terekspos oleh asap rokok,” kata Dr. Geetha Raghuver selaku pimpinan studi itu.

“Merokok adalah hal yang sangat mencandu dan pengurang stress. Selain itu, dapat ditemukan di mana-mana, adalah alasan mengapa rokok menjadi hal yang lazim,” tambahnya.

Sementara menurut pendapat peneliti lain yang tidak terlibat pernyataan di atas, hal ini terjadi lantaran mereka (perokok) tidak menyadari bahaya apa yang akan diterima buah hati mereka di masa mendatang dari kebiasaan orang tuanya.

“Orang tua tidak mengerti atau tak menyadari bahaya asap rokok dan efek yang disebebkannya (terhadap anak),” kata peneliti pediatrik dari Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, Dr. Avni Joshi seperti dikutip dari Huffingtonpost.com.au.

“Ini bisa jadi terkait dengan tingkat edukasi mereka, akses terhadap layanan kesehatan dan contoh tauladan mereka di masyarakat,” sambungnya.

Perlu diketahui bahwa, asap rokok yang dihirup anak dari seorang perokok dapat menyebabkan perubahan terhadap aliran darah, pembuluh darah, tekanan darah hingga detak jantung anak. Ada pun gangguan kesehatan lainnya adalah seperti obesitas, kolesterol tinggi hingga resistensi insulin (diabetes).

LANJUT FAJAR Health

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top