Lulusan Cumlaude Prioritas Jadi CPNS Jalur Umum – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Lulusan Cumlaude Prioritas Jadi CPNS Jalur Umum

Tes CPNS

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Hingga saat ini belum ada kepastian kapan rekrutmen CPNS jalur umum akan dilakukan. Namun, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur sudah menyampaikan gagasannya terkait penerimaan CPNS.

Dia berencana memprioritaskan pelamar umum dari lulusan terbaik di perguruan tinggi se- Indonesia.

“PNS itu mesin birokrasi negara. Negara maju atau tidak, salah satunya ditentukan kualitas PNS. Semakin banyak PNS memiliki keahlian, negara lebih cepat maju,” kata Asman, Jumat (16/9).

‎Untuk mendapatkan PNS berkompetensi tinggi, lanjutnya, ditentukan dari pola rekrutmen serta persyaratan pelamar. Dia berkeinginan, para pelamar CPNS didominasi lulusan terbaik dari perguruan tinggi.

“Peran perguruan tinggi sangat besar dalam melahirkan para calon PNS unggul.‎ Saya punya rencana memprioritaskan lulusan terbaik perguruan tinggi yang menjadi PNS. Dengan harapan mereka menjadi pegawai profesional dan memiliki jiwa melayani tinggi,” paparnya.‎

BACA:  Lapor Pak.. Ada yang Coba Peras Bidan Desa Sampai Rp150 Juta. Katanya Syarat Jadi PNS

Sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengungkapkan, pemerintah telah mengajukan usulan kuota CPNS dari jalur umum sebanyak 13 ribu orang. Sekitar 2.000 di antaranya lulusan cumlaude.

Menurut Bima, sudah saatnya  birokrasi diisi oleh lulusan-lusan terbaik. Bahkan dia menyebutkan, kebutuhan lulusan terbaik sebanyak 100 ribu orang.

“Mestinya jumlahnya 100 ribu orang, tapi karena anggaran terbatas, cukup 2000-an saja. Kalau ada instansi yang tidak mau menerima lulusan cumlaude, BKN siap menampung mereka,” tandasnya. (esy/jpnn)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top