Tinggi Kadar Merkuri, Waspadai Beberapa Jenis Ikan Ini! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Kesehatan

Tinggi Kadar Merkuri, Waspadai Beberapa Jenis Ikan Ini!

IMG_1471

FAJAR HEALTH – Ikan adalah salah satu makanan yang paling menyehatkan untuk dikonsumsi berkat kandungan protein, mikronutrien dan lemak menyehatkan yang dibutuhkan tubuh manusia.

Namun perlu kita ketahui bersama, ikan juga mengandung akan merkuri, salah satu jenis racun berbahaya yang bertanggungjawab atas beberapa masalah kesehatan.

Merkuri sendiri adalah toksik logam berat dapat ditemukan pada air, udara dan tanah. Jenis toksis ini lahir di antaranya dari hasil industri seperti pembakaran batubara atau gejala alam seperti letusan gunung berapi.

Adapun bagaimana toksik ini dapat menyusup ke dalam tubuh manusia adalah melalui pernapasan, contohnya mereka yang bekerja di penambangan dan areal industri. Tidak hanya itu, merkuri juga dapat masuk melalui makan yang kita konsumsi kesehariannya, yakni ikan, yang habitanya telah rusak oleh ulah manusia sendiri.

Seiring berjalannya waktu, konsentrasi merkuri pada tubuh ini akan menyebabkan lahirnya organisme berbahaya bernama methylmercury yang dapat menyebabkan kerusakan pada otak, jantung, ginjal, paru-paru termasuk menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Karena itu, sebagaimana dilansir Authority Nutrition, lembaga federal Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat menyarankan untuk mengkonsumsi ikan setidaknya dua kali dalam seminggu.

Ada pun pemilihan jenis ikan untuk dikonsumsi menjadi sangat penting untuk dicermati. Pihak FDA merekomendasikan beberapa jenis seafood seperti ikan salmon, udang, cod dan sarden lantaran memiliki kadar merkuri yang rendah, sementara ikan seperti tilefish, hiu, ikan pedang dan king makarel tidak direkomendasikan.

LANJUT FAJAR Health

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top