Ahok Harus Serahkan Surat Cuti Kampanye, Jika Tidak… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Pilkada

Ahok Harus Serahkan Surat Cuti Kampanye, Jika Tidak…

Ahok1

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno menegaskan, seorang petahana harus menyerahkan surat cuti kampanye saat mendaftar sebagai calon gubernur (cagub).

Hal itu, kata dia, mengacu pada Peraturan KPU (PKPU) yang baru saja diterbitkan. Sebelumnya, KPU Pusat bersama Komisi II DPR mengadakan pertemuan untuk menetapkan PKPU terkait syarat-syarat dalam pemilu serta sanksi-sanksi bagi yang melanggar aturan.

“Kalau petahana tidak menyerahkan surat cuti (kampanye), bisa menyebabkan pencalonannya dibatalkan,” ujar Sumarno di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (17/9).

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat ini tengah memperjuangkan gugatannya agar seorang petahana boleh tidak mengambil cuti saat kampanye berlangsung.

Namun sayangnya, sebelum gugatannya diputuskan Mahakamah Konstitusi (MK), ia harus terlebih dahulu mendaftar sebagai cagub di Kantor KPU DKI.

Dan dalam syarat pendaftarannya, harus disertai surat cuti kampanye sebagai petahana, yang saat ini sedang diinginkannya agar berlaku opsional.

Masa pendafaran Cagub DKI berlangsung dari tanggal 21 sampai 23 September 2016. Sementara, masa persidangan Ahok di MK masih akan berlanjut pada 26 September nanti. Itupun merupakan agenda dengar pendapat saksi ahli pemohon. Belum akan diambil keputusan. (uya/JPG)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top