Ini Loh Kandungan Gizi dalam Makanan Gonggong – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kesehatan

Ini Loh Kandungan Gizi dalam Makanan Gonggong

gonggong-rebus

FAJAR.CO.ID, BATAM – Makanan seafood jenis gonggong begitu menggoyang lidah para pecinta kuliner khas daerah. Kelezatannya tidak hanya disukai oleh wisatawan dalam negeri.

Wisatawan mancanegara pun tidak kalah tergila-gilanya dengan makanan khas daerah perairan laut ini. Di Kepulauan Riau (Kepri) sajian gonggong yang paling cukup terkenal terdapat di Pulau Bintan.

Alasan begitu sehat dan enaknya gonggong ini, karena di dalamnya terkandung nilai gizi karbohidrat, protein, lemak dan sebagainya.

Rinciannya, dalam 100 gram gonggong, terdapat 4,1 persen karbohidrat dengan nilai gizi 1,4 kalori, 31,19 protein dengan nilai gizi 124,8 kalori, dan 24,9 persen lemak dengan nilai gizi 224,1 kalori.

Selain mengandung gizi, gonggoong juga mengandung kolesterol, apabila mengkonsumsinya secara berlebihan.

Oleh karena itu, bagi yang memiliki riwayat kadar kolesterol tinggi dalam tubuhnya, ada baiknya hanya mengonsumsi sebarang satu atau dua saja.

“Biasanya kalau makan terlalu banyak, pening kepala dibuatnya. Apalagi orang yang punya kolesterol, bisa tumbang,” kata Ranti, salah seorang pengusaha kuliner seafood di Pulau Bintan.

Sebab itu, lazimnya dalam satu paket sajian boga bahari, Ranti menuturkan, pelanggan turut memesan buah-buah penurun kolesterol seperti nanas atau apel. “Ada juga yang memilih pesan jus timun,” tuturnya. (aya/iil/JPG)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top