Ini yang Jadi Faktor Bu Risma Unggul dari Ahok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Pilkada

Ini yang Jadi Faktor Bu Risma Unggul dari Ahok

ahok vs risma

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Elektabilitas petahana Basuki Tjahaja Purnama kian merosot. Sebaliknya, elektabilitas sejumlah penantang pria sapaan Ahok itu justru meningkat.

Salah satunya Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Wanita yang kesehariannya disapa Risma itu selalu membayang-bayangi tingkat elektabilitas Ahok melalui hasil beberapa lembaga survei terkini.

Menurut Pengamat Politik dari Poltracking Indonesia Hanta Yuda, setidaknya ada beberapa hal yang menyebabkan elektabilitas Risma merangkak naik.

Yang pertama, kata Hanta, Risma pada dasarnya memiliki karakteristik yang mirip dengan Ahok soal ketegasan.

“Bahkan ada beberapa faktor yang dimiliki Bu Risma yang tidak dimiliki Pak Ahok,” ucapnya di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (17/9).

Kelebihan Risma yang dimaksud Hanta yaitu komunikasi politik yang lebih baik ketimbang eks Bupati Bitung Timur itu.

Yang kedua, lanjutnya, meskipun Risma berada di Surabaya, tetapi ia mampu menunjukkan panggung politik yang atraktif seperti halnya Ahok. Namun, tak hanya atraktif, tetapi juga prestatif.

Selain itu, berdasarkan survei yang baru saja digelar Poltracking Indonesia, Hanta mendapati bahwa kedua sosok tersebut antara Ahok dan Risma memiliki tingkat kesukaan warga Jakarta yang relatif sama.

Hanya saja, lanjut Hanta, faktor-faktor negatif yang melekat pada Risma lebih sedikit dibandingkan Ahok. “Itu yang membuat dia (Risma) relatif potensial. Apalagi faktor dukungan partai,” pungkasnya. (uya/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top