Selain Irman Gusman, KPK Juga Tersangkakan Oknum Jaksa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Hukum

Selain Irman Gusman, KPK Juga Tersangkakan Oknum Jaksa

La Ode Syarif

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Dalam kasus tangkap tangan yang melibatkan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menetapkan tersangka seorang oknum jaksa dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat (Sumbar), Farizal (FZL).

Keterkaitan dari Farizal dalam kasus ini, karena dia membantu Direktur Utama CV Semesta Berjaya, Xaveriandy Sutanto, tersangka pemberi suap kepada Ketua DPD RI Irman Gusman.

“XSS diduga memberi uang sejumlah Rp 365 juta untuk membantu mengurus perkara yang dihadapi FZL yang sedang disidangkan di Pengadilan Negeri Padang. FZL adalah jaksa yang mendakwa XSS di PN Padang dalam perkara penjualan gula tanpa SNI,” kata Wakil Ketua KPK La Ode M Syarif dalam keterangan pers, Sabtu (17/9).

Menurut Syarif, dalam proses persidangan Farizal juga bertindak seolah-olah sebagai penasihat hukum terdakwa Xaveriandy. Misalnya, Farizal membuatkan eksepsi untuk terdakwa Xaveriandy.

“Selain itu, FZL juga mengatur saksi yang menguntungkan bagi terdakwa,” ujar Syarif.

Sebagaimana diketahui, Xaveriandy merupakan pihak pemberi suap. Dia disangka melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 5 ayat 1 huruf b atau pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001.

Sebagai penerima, Farizal diduga melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah UU No 20 Tahun 2001 tentang Tipikor. (put/JPG)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top