Asal Usul Ekspor Zirconium di PT Takaras Inti Lestari Masih Misterius – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kriminal

Asal Usul Ekspor Zirconium di PT Takaras Inti Lestari Masih Misterius

20160801_021722_harianterbit_bareskrim-

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Direktur Utama PT Takaras Inti Lestari (TIL), Dexter Syarif Putra mengatakan belum bisa menjelaskan secara rinci asal-usul bahan baku ekspor 400 ton Zirconium (Zr).

“Mengenai ekspor Zr saya belum bisa jelaskan. Saya akan tanya dulu anak buah saya di lapangan,” kata Dexter, saat dihubungi wartawan, Minggu (18/9).

Tapi dia memastikan bahwa PT TIL memiliki izin ekspor dan penambangan clear and clean (C&C) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng), berlaku hingga tahun 2020.

Menyikapi hal itu, anggota Komisi Pertambangan DPR, Joko Purwanto justru mendorong kepolisian untuk mengusut sumber bahan baku ekspor 400 ton Zr tersebut.

“Kalau bos PT TIL tidak tahu sumber Zr yang dia ekspor, saya menduga ada masalah di sini. Jangan-jangan Zr dimaksud tidak diambil dari lahan tambangnya sendiri,” kata anggota Komisi VII DPR itu.

Untuk memastikannya, ujar politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu, adalah kewenangan Polda setempat untuk menyidiknya.

“Kalau penambangan tidak sesuai dengan aturan dan izin yang dimiliki satu perusahaan, diduga itu pelanggaran hukum,” tegsnya.

Karena itu, Joko mendorong kepolisian menyidik asal-usul bahan baku Zr.

“Kalau bukan dari lokasi sendiri, dari mana? Apakah C&C, atau tidak?,” tanya wakil rakyat dari daerah pemilihan Jawa Barat III itu.

Kepolisian melakukan itu, ujarnya untuk proses penegakkan hukum di bidang lingkungan hidup dan kehutanan serta memastikan pemasukan dana untuk negara serta keamanan.

“Zr di Indonesia selalu tercampur dengan uranium. Makanya ekspor Zr jangan sembarangan. Polri harus memperjelas, berapa part per million (ppm) yang masih diperbolehkan dalam kesepakatan internasional,” ujarnya.(fas/jpnn)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top