Di Takalar, Internal PKS Terbelah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Politik

Di Takalar, Internal PKS Terbelah

musyawarah-nasional-ii-partai-keadilan-sejahtera-pks

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –  Syamsari Kitta sudah mendapatkan dukungan partai politik untuk maju sebagai bakal calon bupati Takalar, Sumsel, pada pilkada 2017 mendatang.

Namun, kini PKS pun dibuat kelimpungan memilih calon pendamping Syamsari.

Sampai malam tadi, rapat internal PKS belum memutuskan antara memilih anggota DPRD Takalar dari PPP, Makmur Mustakim, atau ke mantan anggota DPR RI yang juga politikus PPP Achmad Dg Se’re alias H De’de.

Dua nama ini memiliki basis geopolitik dari tiga kecamatan di Polongbangkeng, yang pas disandingkan dengan Syamsari yang menguasai daerah Galesong.

Kabarnya, sebagian pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Sulsel menginginkan Haji De’de. Sementara PKS Takalar secara bulat menginginkan Makmur Mustakim.

Ketua DPC PKS Takalar, Chairil Anwar mengakui rekannya di DPRD itu adalah seorang petarung dan memiliki basis jelas.

Terbukti Makmur sudah dua periode menjabat anggota DPRD Takalar.

“Dia adalah tokoh pemuda dan pekerja keras, maka yang pas adalah Pak Makmur,” kata Chairil, soal alasannya menyodor nama Makmur, kemarin (17/9).

Terpisah, Makmur mengatakan sebagai legislator dua periode sudah pasti memiliki suara riil di Takalar. Bahkan dia mengklaim mampu mewakili jaringan pemuda.

“Masyarakat Takalar ingin ada perubahan, bukan hanya itu-itu saja,” kata Makmur Mustakim.

Namun dari sisi keseriusan menjadi pasangan di pilkada, H De’de cukup intens melakuan pendekatan sampai ke DPP Nasdem.

Salah satunya mendekati mantan Ketua Bappilu Enggartiasto Lukita, yang sama-sama dirinya pernah menjabat anggota DPR RI 2004-2009.

“Saya bersahabat dengan dia waktu sama-sama jadi anggota DPR RI. Kita lihat saja siapa yang akan pilih oleh pak Syamsari,” kata H De’de yang juga menantu mantan Bupati Takalar dua periode Ibrahim Rewa ini.

Bila paket Syamsari-Haji De’de terealisasi, maka perang saudara jilid II dipastikan tersaji di Pilkada Takalar 2017 mendatang.

Terpisah, Ketua Badan Pemenangan Pemilu dan Pilkada PKS Sulsel Sri Rahmi mengatakan kedua nama ini memang paling berpeluang saat ini disandingkan.

Bagi PKS, kata dia, pasangan yang layak mendampingi Syamsari harus dilihat dari geopolitik, dan memiliki suara riil di Takalar.

“Serta memiliki kontribusi suara pasti yang ia bawa. Kita lihat saja satu atau dua hari ini,” ungkapnya. (mus/nas/sam/jpnn) 

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top