Lacak Asset Koruptor, KPK Gandeng Tiongkok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Lacak Asset Koruptor, KPK Gandeng Tiongkok

agus-rahardjo-KPK-Celahkota

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Perwakilan National Bureau of Prevention Corruption Tiongkok menyambangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (19/9). Dua lembaga antikorupsi tersebut menyepakati kerja sama dalam penelusuran aset koruptor yang kemungkinan lari di kedua negara.

“Mungkin ada koruptor lari ke Indonesia  sebaliknya Indonesia lari ke Tiongkok. Ini kita bisa bekerja sama trace asset mereka informasi tentang mereka dan kerja sama tangani pelaku itu,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo di kantornya.

Menurut Agus, pada awal 2017, kedua lembaga akan menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan NBCP. Perjanjian itu diharapkan dapat mempermudah kerja sama dan tukar informasi soal berbagai perkara antara Indonesia dan Tiongkok.

Wakil Kepala NBCP Liu Jianchao pun mengapresiasi kerja sama ini. Terlebih, Tiongkok sudah menerapkan zero tolerance terhadap korupsi.

BACA:  Belum Ada Pencekalan Terhadap RJ Lino

“Indonesia dan Tiongkok anggota G-20 sama-sama ada tugas dorong kerjasama antikorupsi internasional, meningkatkan bidang antikorupsi sesuai kepentingan kedua negara,” kata Jianchao.

Kepala Departemen Kerjasama Internasional Partai Komunis ini menjelaskan, NBCP akan mengundang Agus Rahardjo ke Tiongkok dalam rangka kerja sama bilateral tersebut. Dia berharap kerja sama bisa berjalan dengan lancar.

“Nanti koruptor tidak ada tempat sembunyi aset-aset negara asing,” pungkas Jianchao. (put/JPG)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top